Sinyal Ekspansi ke Bisnis Lain? Telkom Lepas Embel-Embel Telekomunikasi

04 Desember 2020 16:30 WIB

Penulis: Fajar Yusuf Rasdianto

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (tengah) bersama Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali (paling kanan) serta Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kiri) menyaksikan penandatanganan Perjanjian Jual Beli (Sale and Purchase Agreement/SPA) tahap I untuk pengalihan kepemilikan sebanyak 1.911 dari total 6.050 menara telekomunikasi Telkomsel ke Mitratel yang dilakukan oleh Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko (kedua dari kiri) dan Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro (kedua dari kanan) di Jakarta, Selasa (20/10). / Dok. Telkom

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama menjadi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Dengan nama baru itu, Telkom tetap menggunakan kode emiten yang sama TLKM.

Perubahan nama ini tertuang dalam surat perseroan nomor TEL.17/LP000/DCI-M2000000/2020 pada 13 November 2020. Surat itu disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 2 Desember 2020.

“Perubahan nama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menjadi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah memperolah persetujuan Kementarian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum HAM),” tulis surat Manajemen Telkom kepada BEI, dikutip Jumat, 4 Desember 2020.

Persetujuan Kemenhum HAM itu tertuang dalam surat keputusan nomor AHU-0032595.AH.01.02 Tahun 2019. Surat ini berisi tentang persetujuan perubahan anggaran dasar PT Telekomunikasi Indonesia per 24 Juni 2019.

“Perdagangan efek PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di Bursa Efek Indonesia tetap menggunakan kode TLKM,” tulis surat tersebut.

Perubahan nama ini pun direspons beragam oleh netizen. Dalam kanal stream Stockbit, unggahan terkait perubahan nama ini langsung disambut oleh 41 komentar pelaku pasar dan 14 like.

Akun @Pemula771 dan @Pemainlokal misalnya, berharap bahwa perubahan nama Telekomunikasi menjadi Telkom ini bakal membuat bisnis perseroan bisa semakin luas. Tidak terbatas hanya pada bisnis telekomunikasi semata.

Signal positif nih menurut saya. Berarti Telkom mau gedein bisnis di luar telekomunikasi,” tulis akun @Pemainlokal dalam kanal stream Stockbit.

Namun ada juga yang berkomentar ‘penghematan’ nama ini justru sebagai pemborosan. Sebab itu berarti perseroan harus mengganti banyak hal, termasuk kop surat, pelang nama perusahaan, dan semua jenama lama yang dimiliki Telkom.

Ngabisin anggaran akhir tahun mungkin hahahaa,” tulis akun @Vnomvolks.

Berita Terkait