Simak, KRL Kembali Lakukan Penyesuaian Jadwal

JAKARTA—PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kembali melakukan penyesuaian jadwal operasional KRL pada 23 Maret 2020.

Penyesuaian ini merupakan bentuk dukungan dari kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang mengajak masyarakat agar bekerja, belajar, dan beribadah di rumah demi menghambat penyebaran COVID-19.

Dalam penyesuaian jadwal tersebut, operasional KRL akan dimulai pada pukul 06.00 WIB dan berakhir pada pukul 20.00 WIB. Jadwal ini berlaku untuk seluruh rute KRL. Selain itu, jeda antar pemberangkatan KRL juga akan mengalami penyesuaian. Penyesuaian tersebut antara lain:

1. Lintas Bogor/Depok–Jakarta Kota PP jeda selama 10-15 menit.

2. Lintas Bogor/Depok/Nambo – Angke/Jatinegara PP jeda selama 10-15 menit.

3. Lintas Bekasi–Jakarta Kota PP; Maja/Parungpanjang/Serpong—Tanah Abang PP; Tangerang—Duri PP dan; Tanjungpriok—Jakarta Kota PP jeda selama 15-30 menit.

4. Rangkasbitung—Tanahabang dan Cikarang—Jakarta Kota menyesuaikan jadwal eksisting jam operasional.

Dalam penyesuaian operasional KRL ini, KCI tetap melayani dengan sebagian besar rangkaian kereta formasi 12 (sf 12) atau formasi 10 (sf 10) untuk dapat mengupayakan langkah social distancing saat menggunakan transportasi publik.

Langkah lain yang telah dilakukan KCI dalam mengantisipasi persebaran COVID-19 adalah melakukan pembersihan kereta secara intensif dengan disinfektan, melakukan pengukuran suhu tubuh para pengguna KRL, menyediakan hand sanitizer, hingga penerapan social distancing di stasiun dan di dalam kereta.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengimbau kepada calon pengguna KRL untuk mempertimbangkan tingkat urgensi sebelum bepergian dan menggunakan transportasi publik. Dia menambahkan, demi menghindari lonjakan penumpang, pengguna dapat memantau perkembangan perjalanan KRL dan jadwal penyesuaian ini melalui aplikasi KRL Access.

Penyesuaian pola operasi ini berlaku bakal hingga dua pekan ke depan. Namun, pihak KCI juga mengaku, penyesuaian tetap mengikuti perkembangan terkini di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya.

Tags:
CommuterCommuter LineHeadlinekrl
%d blogger menyukai ini: