Siloam Hospitals Salurkan Ribuan Alat Rapid Test Untuk Ibu Hamil

April 28, 2020, 10:05 PM UTC

Penulis: wahyudatun nisa

Wakil Presiden Direktur PT Siloam International Hospitals Tbk Caroline Riady menyerahkan bantuan alat rapid test kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dokter Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Selasa, 28 April 2020. / Dok. Pemprov DKI Jakarta

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) menyalurkan bantuan berupa 2.000 unit alat rapid test untuk ibu hamil kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Wakil Direktur Utama Rumah Sakit Siloam Caroline Riady mengatakan sumbangan ini merupakan bentuk dukungan untuk Pemprov DKI Jakarta dalam menangani virus COVID-19.

“Ibu hamil termasuk ke dalam kelompok yang rentan terpapar virus ini. Untuk itu perlunya dilakukan rapid test untuk menanggulangi wabah COVID-19,” kata Caroline dilansir dari laman Pemprov DKI Jakarta, Selasa, 28 April 2020.

Caroline menuturkan hal ini perlu dilakukan agar para ibu hamil bisa terdeteksi lebih awal sehingga jika mereka terpapar virus tersebut dapat ditangani lebih cepat. Alat rapid test ini akan didistribusikan ke puskesmas di wilayah Jakarta.

Sesuai data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, terdapat 44 puskesmas kecamatan di Jakarta yang akan dilakukan pemetaan untuk mendapatkan hasil puskesmas dengan kunjungan ibu hamil tertinggi, serta puskesmas yang berada di zona merah COVID-19.

Tidak hanya itu, anak usaha Grup Lippo milik konglomerat Mochtar Riady tersebut juga menyalurkan 4.400 swab test, virus transport media (VTM), test kits, serta polymerase chain reaction (PCR) primers, dan reagen kepada Pemprov DKI Jakarta untuk didistribusikan ke 32 rumah sakit umum (RSU).

“Kunci dari upaya melawan COVID-19 adalah testing dengan cepat, luas, dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengapresiasi inisiatif tersebut serta kerja sama Siloam Hospitals sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan di masa pandemi COVID-19.

“Kami berharap dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran virus COVID-19 dengan dilakukannya tes kepada lebih banyak pihak, khususnya terhadap kelompok ibu hamil. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pascates, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini,” ujarnya.

Hingga Selasa, 28 April 2020, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Jakarta mencapai 3.002 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 363 orang telah sembuh dan 370 sisanya meninggal dunia.

Di seluruh Indonesia, jumlah kasus COVID-19 mencapai 9.511 orang. Dari jumlah tersebut, 7.484 orang tengah dirawat, 1.254 telah sembuh, dan 773 orang lainnya meninggal dunia. (SKO)