Siap-siap! Sebentar Lagi Tol Taba Penanjung - Bengkulu Dioperasikan, Waktu Tempuh Cuma 15 Menit

12 Mei 2022 14:30 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Siap-siap! Sebentar lagi tol taba penanjung bengkulu dioperasikan, waktu tempuh cuma 15 menit/ Foto: Kementerian PUPR

JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuk Linggau - Bengkulu telah rampung 100% dan siap dioperasikan untuk umum.

Berdasarkan keterangan pers, Selasa, 11 Mei 2022, jalan tol yang dikelola oleh PT Hutama Karya (persero) (PTHK) telah melaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) untuk seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu pada 13-14 April 2022.

Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu memiliki  panjang jalan 95,8 km yang terdiri dari seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang sepanjang 54,5 km, seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung 23,7 km, dan Taba Penanjung - Bengkulu 17,6 km.

Jalan tol ini sempat digunakan fungsional untuk mendukung arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 lalu. Kehadiran jalan tol ini mampu memangkas waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari Kota Bengkulu ke Kecamatan Taba Penanjung dengan kecepatan berkendara maksimal 80 km/jam. Lebih cepat dibandingkan menggunakan jalan nasional dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Dengan Jalan Tol Lubuk Linggau - Bengkulu nantinya akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah.

Selain itu, diharapkan jalan tol ini dapat digunakan secara maksimal karena terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai. Hal itu dilakukan untuk mendukung perkembangan ekonomi daerah dan meningkatkan konektivitas pariwisata ke Bengkulu.

Jalan tol ini dibangun di antara kawasan hutan dan perbukitan sehingga memberikan pemandangan indah bagi pengendara yang melewatinya. Terlebih, kehadirannya akan mendorong pertumbuhan pusat ekonomi baru yang ada di sekitar jalan tol tersebut. 

Berita Terkait