Siap-Siap! Saham Indonet (EDGE) Mulai Diperdagangkan Hari Ini Rp7.375

08 Februari 2021 07:03 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Alibaba Cloud meluncurkan data center keduanya di Indonesia lewat PT Indointernet Tbk yang kini bakal IPO di BEI / Dok. Indonet

JAKARTA – PT Indointernet Tbk (EDGE) akan membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 8 Februari 2021. Saham tersebut akan dicatatkan di papan pengembangan BEI.

EDGE bergerak pada sektor Teknologi dengan sub sektor Software & IT Services dan merupakan perusahaan ketujuh yang melantai di BEI pada tahun 2021. EDGE berada pada industri IT Services & Consulting dengan sub industri IT Services & Consulting.

Berdasarkan pengumuman BEI, perusahaan distributor Alibaba Cloud sukses melaksanakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan melepas 404,05 juta lembar saham dengan harga penawaran senilai Rp7.375 per lembar. Sehingga kapitalisasi pasar EDGE mencapai Rp2,98 triliun.

Rencananya, perusahaan yang populer dengan nama Indonet tersebut akan menggunakan 90% dana IPO untuk pembangunan edge data center (EDC) yang merupakan bisnis utama perseroan.

Lalu, 6% untuk belanja modal (capital expenditure) berupa perangkat pengembangan jaringan digitalisasi sebagai penyedia layanan komputasi awan. Sedangkan, sisanya sebanyak 4% dari total pendanaan akan dialokasikan untuk modal kerja (working capital).

Pendiri sekaligus pemegang mayoritas saham EDGE saat ini yaitu Otto Toto Sugiri yang mengempit 48,6% kepemilikan saham. Menariknya, pria satu ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk (DCII) yang baru saja resmi listing di BEI pada periode Januari 2021.

Selain itu, saham Indonet turut dipegang oleh Han Arming Hanafia sebanyak 21,9%. Selanjutnya Bing Moniaga tercatat menggenggam 18,9% dan sisanya tersebar di masyarakat. (SKO)

Berita Terkait