Siap-Siap, Kominfo Segera Buka Beasiswa Pelatihan Digital untuk Ribuan Peserta

13 Agustus 2021 19:35 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Laila Ramdhini

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bersiap mengikuti rapat kerja dengan komisi I DPR RI di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 7 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali akan membuka Program Stimulan Digital Talent Scholarship (DTS) gelombang ketiga pada 23 Agustus 2021.

Total peserta pada pelatihan DTS batch ketiga nanti akan sebanyak 4.200 orang. Sepanjang tahun ini, Kominfo menargetkan bisa menjaring penerima program sebanyak 100.000 peserta.

“Tanggal 23 Agustus kita akan mengadakan launching, saat ini pun kita sedang melakukan penerimaan untuk yang batch ketiga,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hary Budiarto dalam laman resmi, Jumat 13 Agustus 2021.

Dalam batch ketiga, Kominfo membuka tiga pelatihan, antara lain Government Transformation Academy, Digital Enterpreneurship Academy, dan Tematic Academy.

Pelatihan yang pertama adalah Government Transformation Academy, yakni pelatihan penggunaan perangkat dan media digital untuk penyuluh agama. Kementerian Agama menargetkan peserta sebanyak 1.500 orang dan Kemeterian PMK sebanyak 200 orang khusus untuk PNS dan CPNS.

Kedua, untuk Digital Enterpreneurship Academy dilakukan pelatihan kewirausahaan digital di pondok pesantren dan digital martketing di bawah pembinaan Permodalan Nasional Madani (PNM), dengan masing-masing target 1.000 peserta.

Ketiga, Tematic Academy adalah pelatihan penggunaan perangkat dan media digital untuk guru SD dan SMP, yang bekerjasama dengan Kementerian Dikbud Ristek dengan target 500 orang. 

Dalam melakukan pengembangan talenta digital, Kominfo melakukan pengembangan talenta digital dengan tiga level.

“Yang paling dasar itu adalah basic digital skill atau biasa disebut sebagai digital literasi, ini kita mempunyai target sebesar 12.448.750 masyarakat,” ujarnya.

Pada tingkat intermediate digital skill yakni Digital Talent Scholarship, Kementerian Kominfo menargetkan peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, masyarakat, para profesional, ASN, guru SMK dan siswa.

“Ini targetnya adalah 100.000 peserta, Digital Talent Scholarship ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing masyarakat pada sektor digital, khususnya di level teknis,” jelasnya.

Sedangkan di level ketiga atau pada tingkat yang lebih atas adalah Digital Leadership Academy (DLA). Program pelatihan intensif itu diperuntukkan untuk para pengambil kebijakan atau pemimpin di institusi pemerintah maupun swasta di bidang teknologi digital.

“Kami menargetkan ada 300 orang peserta, yang diikuti oleh para pimpinan dari ASN maupun dari swasta,” imbuhnya.

Berita Terkait