Siap-Siap Investor, Saham Adaro Minerals (ADMR) Dapat Dipesan Mulai Hari Ini

27 Desember 2021 15:00 WIB

Penulis: Muhammad Farhan Syah

Editor: Vega Aulia

Ilustrasi kegiatan usaha PT Adaro Minerals Tbk (www.adarominerals.id)

JAKARTA – Masa penawaran umum saham PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) yang merupakan anak usaha PT Adaro Energy Tbk (ADRO), sudah dimulai per hari ini, Senin 27 Desember 2021, dan akan berlangsung hingga Rabu, 29 Desember 2021. 

Dalam penawaran umum tersebut, perseroan melepas sebanyak 6,05 miliar lembar saham biasa atas nama dengan harga penawaran Rp100 per saham.

Sehingga, total perolahan dana yang akan diterima perseroan melalui aksi Initial Public Offering (IPO) tersebut mencapai sebesar Rp604,8 miliar.

Rencananya, mayoritas dana yang diperoleh atau sebesar 58,83% akan dipergunakan perseroan dalam memberikan pinjaman kepada entitas anak, yaitu PT Maruwai Coal (MC) untuk capital expenditure (capex) perusahaan dalam rangka pengembangan teknik penambangan di Lampunut selama kurun waktu tahun 2022-2023. 

Sedangkan, sisanya akan digunakan oleh Perseroan untuk membayar kembali sebagian pokok atas pinjaman Perseroan dari PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Adaro Minerals telah menunjuk PT Ciptadana Sekuritas Asia sebagai penjamin pelaksana emisi efek. 

Sebagai informasi, ADMR adalah anak perusahaan Adaro Energy yang bergerak di bidang usaha pertambangan, perdagangan batu bara metalurgi serta menjalankan kegiatan usaha berupa jasa, baik pada pertambangan maupun jasa konsultasi manajemen.

Saat ini, Perseroan melalui Perusahaan Anak telah mengoperasikan dua konsesi PKP2B, yaitu melalui PT Lahai Coal (LC) dan PT Maruwai Coal (MC). 

LC telah memproduksi batu bara sejak tahun 2015 dan memproduksi batu bara green coal. Sedangkan, MC telah memproduksi batu bara HCC serta green coal sejak tahun 2019 dan melakukan shipment pertama pada tahun 2020.

Setelah seluruh proses IPO selesai, Adaro Minerals akan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 3 Januari 2022. 

Berita Terkait