Siap Sambut Delegasi PEMSEA 2022, Desa Nelayan Ketapang Fokus Berbenah

17 Oktober 2022 08:29 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ananda Astri Dianka

Nampak masyarakat berwisata di kawasan konservasi mangrove Desa Ketapang,Mauk, Kabupaten Tangerang. Saat ini kawasan tersebut terus berbenah untuk bersiap menjadi tuan rumah Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) 2022 yang akan berlangsung pekan depan. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Pemerintah Kabupaten Tangerang bersiap menyelenggarakan pertemuan skala internasional Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) pada 25-29 Oktober 2022. Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah terus membenahi desa nelayan di Ketapang, Kecamatan Mauk. Fokusnya penataan Kawasan Wisata Urban Aquaculture.

Pada periode tahun 1990 hingga 2000-an mayoritas masyarakat di pesisir utara Kabupaten Tangerang memiliki tambak udang dan bandeng, namun hal itu berubah lantaran air sungai tercemar. Usai dilakukan rehabilitasi dengan penanaman mangrove yang masif, kualitas air pun berubah signifikan. Fungsi tanaman ini selain menyerap karbon juga memperbaiki kualitas air.

Sebagai informasi, PEMSEA merupakan bentuk kerja sama pemerintah level kota/kabupaten se-Asia Timur yang memiliki kawasan masyarakat pesisir dengan 20 negara anggota. Tujuan organisasi ini untuk memperkuat serta menjamin keberlanjutan pemanfaatan kawasan pesisir dan laut yang sehat. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Berita Terkait