Shopee Hadirkan Pusat Vaksinasi di Bandung, Begini Cara Daftarnya

09 April 2021 00:32 WIB

Penulis: Reky Arfal

Nampak sejumlah petugas kesehatan tengah melaksanakan kegiatan vaksin di Pos Pelayanan Vaksinasi Drive Thru yang berlokasi di West One City Cengkareng Jakarta Barat,Rabu 10 Maret 2021. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia

JAKARTA – Perusahaan e-commerce Shopee Indonesia membuat pusat vaksinasi di Bandung. Untuk mewujudkannya, Shopee bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bandung.

Pusat Vaksinasi Shopee dibuka sejak tanggal 5 April 2021 mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dan bertempat di Kiara Artha Park, Bandung. Jumlah vaksin yang disiapkan melalui Dinas Kesehatan setempat sebanyak 20.000 dosis vaksin.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan akan berkomitmen memberikan dua dosis vaksin, yaitu pemberian dosis pertama pada 5-10 April 2021, dan dosis kedua pada 3-8 Mei 2021.

Pusat vaksinasi ini merupakan upaya Shopee untuk mendukung penanganan COVID-19 secara jangka panjang dan berkelanjutan. Lebih lanjut, Pusat Vaksinasi Shopee ini akan menyasar aparatur sipil negara (ASN) dan pelayan publik yang berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian Jawa Barat.

“Selain ASN, para Pelayan Publik dari berbagai profesi juga diutamakan, seperti petugas di bidang perhubungan, petugas kebersihan, tenaga pengajar, para pekerja sektor pariwisata di Jawa Barat, dan banyak lagi. Inisiatif ini merupakan bentuk kontribusi Shopee untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Handhika dalam siaran resminya, di Jakarta, Kamis 8 April 2021.

Dengan begitu, target vaksinasi 180 juta orang dapat tercapai pada akhir tahun dan roda perekonomian pun dapat bergerak kembali.

Handhika mengatakan pusat vaksinasi ini memakai sistem registrasi awal melalui aplikasi Shopee dan penjadwalan terstruktur secara online.

Hal ini agar meminimalisir kerumunan dan menjalankan proses pemberian vaksin secara teratur. Shopee juga menerapkan protokol kesehatan dan keamanan sesuai anjuran pemerintah dengan menyediakan ruang tunggu dengan pengaturan jarak sosial.

“Kami juga menyiapkan ruang Mini ICU yang dilengkapi dengan dokter ahli, berbagai perlengkapan medis dan ambulans yang siap sedia apabila terjadi keadaan darurat,” terangnya.

Syarat Peserta Vaksinasi Shopee

  1. Hanya diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga pelayan publik.
  2. Berusia di bawah 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jawa Barat atau memiliki KTP Jawa Barat.
  4. Kuota vaksin terbatas sehingga tidak semua pendaftar mungkin akan diterima.

Cara Daftar Vaksinasi Shopee

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk vaksinasi di Pusat Vaksinasi Shopee, dapat mengakses informasi lebih lanjut mengenai Pusat Vaksinasi Shopee, melalui https://shopee.co.id/m/pusatvaksinasishopee.

Jika sudah membuka tautan di atas, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih tanggal kedatangan.
  2. Isi data diri mulai dari nama depan, belakang, email, nomor HP, KTP, dan sebagainya sampai lengkap.
  3. Screenshot dan simpan voucher pendaftaran untuk nanti dibawa saat vaksin di lapangan. (SKO)

Berita Terkait