Sering WhatsApp Bikin Kuota Internet Jadi Makin Boros? Ini Cara Mencegahnya

19 Desember 2021 14:27 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Sering WhatsApp Bikin Kuota Internet Jadi Makin Boros? Ini Cara Mencegahnya (Pixabay.com)

JAKARTA - Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang kini sering digunakan oleh banyak orang. Hal ini karena WhatsApp memudahkan penggunanya untuk mengirim pesan baik berupa pesan teks, suara, gif, gambar, video, bahkan melakukan panggilan telepon dan video. 

Oleh karena itu, tidak heran jika hampir semua orang yang memiliki smartphone terdapat aplikasi WhatsApp di ponselnya. Meski begitu, terkadang ada kendala yang dirasakan pengguna saat menggunakan WhatsApp, yaitu kuota internet jadi makin boros atau cepat habis.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, cobalah beberapa tips berikut ini.

Menonaktifkan Fitur Auto Download di WhatsApp

WhatsApp memang memudahkan Anda untuk mengirim pesan baik berbentuk video atau foto. Namun, hal tersebut akan menyedot kuota internet Anda tanpa Anda sadari.

Seringkali, jika Anda tergabung dalam suatu grup WhatsApp, anggota grup kerap mengirimkan berbagai video dan gambar. Jika Anda masih mengaktifkan fitur Auto Download, maka pesan berbentuk video atau gambar tersebut akan secara otomatis terunduh ke ponsel Anda.

Untuk menghemat kuota internet, Anda perlu menonaktifkan fitur auto download. Caranya, klik Settings atau Setelan pada aplikasi WhatsApp. Selanjutnya pilih bagian Storage and Data Usage. 

Kemudian, hilangkan semua centang pada tiga pilihan yang ada. Lalu, klik OK. 

Menutup dan Mematikan Background Data WhatsApp

Meski Anda tidak sedang menjalankan WhatsApp, kuota internet Anda akan terus terpakai jika ada aplikasi yang tetap berjalan di background ponsel Anda.

Jika Anda ingin tetap hemat dan tidak boros kuota, sebaiknya Anda mematikan atau menutup background data sehingga tidak ada pesan apapun yang akan masuk jika Anda tidak membuka aplikasi WhatsApp. 

Untuk melakukannya, bukalah aplikasi menu Pengaturan pada smartphone. Kemudian, pilih opsi menu Aplikasi, pilih aplikasi WhatsApp, ketuk pilihan Data Seluler, lalu matikan pilihan Izinkan Penggunaan Data Latar Belakang.

Pertimbangkan Mengenai Backup Chat WhatsApp

WhatsApp memiliki pengaturan otomatis yaitu akan mencadangkan pesan dan media ke Google Drive setiap hari. Back up otomatis ini akan menyedot kuota internet Anda. Jika Anda tidak ingin boros kuota internet, sebaiknya aturlah back up chat Anda pada waktu yang ditentukan.

Untuk mengatur pengaturan ini, caranya pilih menu Settings di WhatsApp, klik Chat, kemudian Chat Backup, klik menu Back up To Google Drive. kemudian, pilih ‘Only When I Tap Back Up’.

Dengan tiga cara tersebut, maka kuota internet Anda akan lebih hemat dan tidak cepat habis meski sering menggunakan WhatsApp. Selamat mencoba.

Berita Terkait