Serem Banget! Inilah 5 Tempat Terlantar di Berbagai Negara yang Tak Lagi Berpenghuni

03 Juli 2022 19:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Serem Banget! Inilah 5 Tempat Terlantar di Berbagai Negara yang Tak Lagi Berpenghuni (Freepik.com/Amort1939)

JAKARTA - Bangunan yang sudah tidak berpenghuni memang menimbulkan kesan yang sunyi, sepi, dan menakutkan. 

Ada banyak hal yang membuat orang-orang atau warga setempat tidak lagi menghuni daerah tersebut, bisa jadi karena bencana alam atau kecelakaan seperti radiasi nuklir.

Berikut beberapa tempat terlantar yang tidak lagi berpenghuni di beberapa negara di berbagai belahan dunia, seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber.

Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Timur, Philadelphia, Amerika Serikat

Eastern State Penitentiary, Philadelphia,  Amerika Serikat/ Foto: Freepik.com/Wirestock

Penjara Eastern State Penitentiary ini pernah menjadi penjara termahal di dunia, di mana memiliki arsitektur megah, dan pernah terdapat narapidana terkenal di dunia termasuk Al Capone yang ditahan di tempat tersebut. Namun, sejak ditutup pada tahun 1971, kompleks lembaga pemasyarakatan ini runtuh dan menjadi bangunan yang kotor dan rusak.

Rumah Misteri Winchester, California, Amerika Serikat

Rumah Misteri Winchester, California, Amerika Serikat/ Foto: Pixabay.com/Kavika2014

Rumah bergaya Victoria yang berada di California ini memiliki desain yang eksentrik dan mewah. Rumah ini memiliki banyak labirin jalan buntu, pintu rahasia, dan tangga yang mengarah ke mana-mana. 

Sarah Winchester, janda dari raja senjata William Wirt Winchester mulai membangun rumah ini pada tahun 1884 dan memerintahkan agar pembangunannya tidak pernah terhenti. 

Kediaman setinggi tujuh lantai tersebut usai kematian Sarah Winchester, justru menjadi berjamur dan berisi labirin aneh. Meski rumah ini pernah rusak akibat gempa pada tahun 1906, rumah ini tetap terbuka untuk pengunjung yang ingin menjelajahi 160 kamar yang masih ada.

Kalyazin, Rusia

Kalyazin, Rusia/ Foto: Pixabay.com/olga_fil

Kalyazin Bell Tower merupakan menara lonceng gereja St. Nicholas yang terendam banjir. Ketika waduk Uglich dibangun pada tahun 1939, kota tersebut mengalami banjir. Banjir tersebut membuat bagian lama Kalyazin termasuk beberapa struktur menara Kalyazin tertutup oleh air. Banyak turis yang tertarik dengan keindahan pemandangan Kalyazin, tidak mengherankan jika beberapa turis mengunjungi tempat tersebut menggunakan kapal.

Pripyat, Ukraina

Pripyat, Ukrania/ Foto: Freepik.com/Amort1939

Kota Pripyat di Ukraina ini telah ditinggalkan warganya sejak terjadi bencana nuklir Chernobyl pada April 1986. Hanya dalam empat jam, seluruh penduduk Pripyat berhasil dievakuasi dan dengan radiasi yang tersisa terlalu tinggi untuk ditinggali manusia, maka warga tidak kembali untuk tinggal di Pripyat. 

Battleship Island, Jepang

Battleship Island, Jepang/ Foto: Freepik.com/Cassty1

Battleship Island merupakan pulau yang dulunya merupakan tambang batu bara. Di pulau tersebut dulu terdapat bangunan yang dibutuhkan oleh warganya seperti rumah sakit, restoran, apartemen, hingga kuil dan bioskop.

Namun, sejak tahun 1960, Jepang mulai beralih menggunakan sumber daya listrik minyak dan tidak lagi menggunakan batu bara. Hal tersebut tentu menjadi ancaman bagi para pemilik usaha tambang batu bara. Sejak saat itu, permintaan batu bara terus menurun hingga harus ditutup pada tahun 1974 setelah selama 84 tahun menjadi pemasok utama batu bara. 

Berita Terkait