Selangkah Lagi TikTok IPO, Nilainya Fantastis Tembus Rp738 Triliun

JAKARTA – Keputusan akan segera diambil Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait nasib TikTok di negeri Paman Sam. Keputusan itu diyakini hanya tinggal menunggu waktu beberapa hari ke depan.

Diketahui sebelumnya, presiden nyentrik itu telah memberi waktu kepada pemilik TikTok, ByteDance untuk melepas seluruh sahamnya ke perusahaan AS. Oracle dan Walmart digadang-gadang bakal menjadi dua perusahaan yang mengambil kepemilikan saham tersebut.

Dinukil dari CNCB International, sebanyak 20% saham akan dikuasai oleh Wallmart. Sedang kepemilikan saham yang akan dicaplok Oracle, belum diketahui jumlahnya. Trump bersama tim kabinet dan penasihatnya masih mengkaji soal keputusan ini.

“Depertamen Keuangan mengirim revisi besar tentang masalah keamanan pada lembar persyaratan TikTok/Oracle Rabu malam (waktu setempat),” ucap sumber anonim dari CNBC International, Jumat 19 September 2020.

Namun begitu, rupanya ByteDance belum menyutujui revisi tersebut. Adapun Trump juga masih terus mempertimbangkan soal keputusan yang akan diambilnya.

“Ada sudut pandang beragam di antara para penasihatnya, termasuk Menteri Luar Negeri (AS) Mike Pompeo, Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Jared Kushner, menantu presiden,” kata sumber itu.

Selanjutnya, jika masuknya Oracle dan Wallmart disetujui, maka ByteDance akan segera melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada TikTok. Ditaksir, valuasi TikTok di AS bakal menyentuh angka US$50 miliar setara Rp738,4 triliun. Ini akan menjadi salah satu IPO perusahaan teknologi dengan valuasi terbesar dalam beberapa tahun terakhir. (SKO)

Tags:
Aksi korporasiAmerika SerikatByteDanceDonald TrumpHeadlineIPOMedia SosialOraclepenawaran umum perdana sahamTikToktiktok dijualvideo tiktokWallmart
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: