Selain Uang Rp5 Miliar, Ini Sederet Bonus yang Dikantongi Greysia/Apriyani

04 Agustus 2021 04:32 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

Medali Olimpiade Tokyo 2020 (Instagram.com/tokyoolympic_)

JAKARTA - Pasangan atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mendapatkan bonus uang tunai dari pemerintah senilai Rp5 miliar dan sejumlah bonus lain setelah memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pada Senin, 2 Agustus 2021.

Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewa Broto mengatakan bonus tersebut merupakan hak seorang atlet ketika berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang internasional.

Bonus tersebut, kata dia, akan langsung diberikan kepada kedua atlet, termasuk juga beberapa atlet lain yang turut menyumbangkan medali untuk timnas.

Menurut kebijakan pemerintah, atlet berprestasi akan selalu diberikan bonus. Besarannya tergantung pencapaian masing-masing atlet. Untuk emas diberi hadiah senilai Rp5 miliar, perak Rp2 miliar dan perunggu sebesar Rp1 miliar.

"Meraih prestasi itu tidak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi, bonusnya tak akan lepas dari nilai Rp5 miliar itu, bahkan biasanya diberikan sebelum keringat atlet kering, enggak menunggu lama-lama," ujarnya, Senin, 2 Agustus 2021.

Dari informasi yang dihimpun dari Badminton Talk, Selasa, 3 Agustus 2021, selain bonus uang Rp5 miliar, kedua atlet yang baru saja mengukir sejarah untuk ganda putri Indonesia itu juga akan mendapatkan sejumlah bonus dari berbagai pihak.

Beberapa fasilitas yang mereka dapatkan antara lain rumah, tanah, outlet usaha, apartemen, hingga wisata ke 5 destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Dari bos Juragan 99 Corp, Gilang Widya Pramana, misalnya, Greysia dan Apriyani akan mendapatkan uang senilai Rp500 juta. Tidak hanya untuk Greysia dan Apriyani, bos Arema FC tersebut juga akan memberikan hadiah kepada peraih medali perak senilai Rp250 juta dan medali perunggu senilai Rp100 juta.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) juga berjanji akan memberikan fasilitas rumah kepada kedua atlet di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara.

Sebagai atlet asal Pulau Sulawesi, baik Greysia maupun Apriyani juga akan mendapatkan hadiah dari pemerintah daerah masing-masing.

Greysia mendapatkan sebidang tanah dari Wakil Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sedangkan sebidang tanah Apriyani dari Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sultra Ali Mazi dikabarkan juga akan berpartisipasi memberikan hadiah kepada Apriyani yang telah mengharumkan nama Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno juga berjanji memberikan fasilitas liburan gratis ke 5 destinasi wisata prioritas nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny G. Plate dikabarkan juga ikut memberikan hadiah kepada kedua atlet yang telah mengangkat Indonesia di panggung tertinggi Olimpiade Tokyo dari sektor bulu tangkis.

Selain itu, kedua atlet juga akan mendapatkan fasilitas lain berupa outlet Baso Aci Akang + Es Teh Indonesia. Bonus lain dari sponsor dan sejumlah pihak yang mengapresiasi perjuangan kedua atlet akan terus berdatangan.

“Adapun daftar hadiah masih terus bertambah, karena masih banyak pihak yang turut memberikan apresiasinya kepada pasangan peraih emas di Tokyo 2020 ini,” tulis Badminton Talk.

Berita Terkait