Selain Sinetron Ikatan Cinta, 3 Serial Keluarga Ini Cocok Buat Temani Masa PPKM

31 Juli 2021 02:41 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

Sinetron Ikatan Cinta di RCTI / Dok. RCTI (RCTI)

JAKARTA - Drama keluarga Ikatan Cinta telah menjadi magnet yang menarik minat masyarakat terhadap dunia perfilman Indonesia. Sinetron garapan sutradara Doddy Djanas ini kini menjadi drama televisi paling populer dan tayangannya paling ditunggu penonton.

Sinetron produksi MNC Pictures ini dibintangi antara lain oleh Amanda Manopo, Arya Saloka, Evan Sanders dan Glenca Chysara, dan tayang perdana sejak 19 Oktober 2020, setiap hari pukul 19.45 WIB di RCTI milik PT Media Nusatara Citra Tbk (MNCN).

Serial ini ditulis oleh Theresia Fransisca dan Donna Rosamayan dan kini sudah memasuki episode ke-377 per 30 Juli 2021.

Sinetron ini tercatat berhasil mengalahkan rating sinetron-sinetron populer pendahulunya dengan meraih rating 12,7%. Dua pemeran utamanya, Amanda Manopo dan Arya Saloka bahkan didapuk menjadi maskot brand marketing Shopee.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bahkan menghabiskan waktu selama PPKM dengan menonton Ikatan Cinta.

Baru-baru ini, Mahfud sempat curhat ke publik mengenai minatnya tersebut yang membuat warganet tidak simpatik karena posisinya sebagai pejabat pemerintah yang seharusnya berpikir soal pandemi COVID1-19.

Cerita drama keluarga ini sangat pelik, penuh intrik dan kontroversi. Alur ceritanya sulit ditebak, yang membuat penonton makin penasaran dengan kejadian-kejadian yang bakal menimpa para pemerannya.

Ikatan Cinta menceritakan tentang dua bersaudara Andin (diperankan Amanda Manopo) dan Elsa (diperankan Glenca Chysara), yang mencintai pria yang sama, yaitu Nino (diperankan Evan Sanders).

Ketika Nino ingin menikahi Andin, ayah Andin pun merestuinya, meski Elsa dan ibunya menentang rencana pernikahan itu. Meski ditentang, Andin dan Nino tetap menikah.

Setelah menikah Andin dituduh oleh Elsa telah membunuh Roy, adik Aldebaran dan hamil anak Roy. Padahal Elsa yang hamil anak Roy dan membunuhnya. Andin pun dipenjara. Meski belum ada bukti yang menyebutkan Andin bersalah. Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh Elsa agar bisa merebut hati Nino dan akhirnya menikahinya.

Andin yang masuk penjara dalam keadaan hamil akhirnya melahirkan Nindi, anaknya dari Nino. Namun Nino tidak mau merawat anak itu karena menurutnya itu anak Roy setelah dihasut adiknya, Elsa. Akhirnya, bayi tersebut dititipkan ke panti asuhan dan mengatakan bahwa Nindi meninggal.

Setelah keluarga dari pernjara, Aldebaran (diperankan Arya Saloka) diam-diam mendekati Andin untuk membalas dendam kematian sang adik tercinta, Roy. Al dan Andin pun menikah dan tinggal bersama.

Dia kemudian mengadopsi Nindi (yang berganti nama menjadi Reyna) karena mengira Nindi adalah anak adiknya.

Kisah seputar rumah tangga Al dan Andin terus berlanjut, dengan Elsa terus membayangi keluarga itu. Dalam episode terakhir, Elsa terbukti menjadi dalang pembunuhan Roy dan segera ditahan.

Namun dia mencari cara untuk melenyapkan bukti-bukti sidik jari dan kresek hitam yang didalamnya ada baju milik Nino kecil.

3 Serial Keluarga Lain

Selama periode PPKM, pemerintah menyarankan agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah, dengan salah satunya lebih banyak tinggal di rumah. Positifnya, hubungan dan kedekatan antar anggota keluarga pun makin terasa karena selama ini mereka sibuk dengan masing-masing pekerjaan di luar rumah.

Memanfaatkan momentum ini, TrenAsia.com merekomendasikan beberapa serial drama keluarga yang barangkali bisa mempertebal kasih sayang anggota keluarga.

Ada banyak film yang menggambarkan kehidupan keluarga dalam berbagai cara, baik secara realis maupun karikatural.

Mulai dari sosok sang ayah atau ibu yang tabah, keluarga yang mengalami guncangan besar, hingga kisah-kisah pribadi yang menyangkut interaksi antar anggota keluarga termasuk kisah percintaan yang melibatkan anggota keluarga yang satu dengan lainnya.

Nah, selain serial drama Ikatan Cinta yang kini sedang naik-naiknya, ternyata ada beberapa drama keluarga lain yang juga layak ditonton selama periode PPKM ini.

1. Buku Harian Seorang Istri

Sinetron Buku Harian Seorang Istri di SCTV / Dok. SCTV

Sinetron ini pertama dirilis pada 12 Januari 2021 pukul 118.20 WIB di SCTV dari PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Garapan sutradara Maruli Ara ini kini telah memasuki episode ke-303 pada 30 Juli 2021.

Sinetron berdurasi 40-120 menit ini diproduksi oleh SinemArt dan dibintangi antara lain oleh Zoe Jackson, Antonio Blanco Jr, Hana Saraswati, dan Cinta Brian.

Buku Harian Seorang Istri merupakan sebuah drama keluarga, mengisahkan tentang Nana (diperankan Zoe Jackson) yang terpaksa menikah dengan Dewa Buwana (diperankan Cinta Brian) karena permintaan Wawan (diperankan Umar Lubis), sang ayah.

Namun, pernikahan mereka tidak berjalan mulus seperti yang diidam-idamkan Nana. Dewa terpaksa menuruti keinginan Wawan karena tidak mau dipenjara karena telah menabrak ayah Nana.

Nana pun menjalani kehidupan rumah tangga dengan tersiksa karena tidak ada rasa cinta di antara mereka.

Sementara Dewa yang sejak semula mencintai Alya (Hana Saraswati) dan berencana menikah tetapi terhalang restu mamanya, Farah (diperankan Dian Nitami) dan akhirnya tetap menjalin hubungan dengan Alya.

Kehidupan rumah tangga yang tak berjalan harmonis harus tetap dijalani Nana. Dan sebagai istri, dia harus mampu mengelola konflik cintanya dengan Dewa ketika sang suami juga mencintai wanita lain.

Sinetron ini direkomendasikan untuk melihat peran seorang istri dalam rumah tangga akibat tindakan suami yang ingin mendua.

2. Love Story the Series

Sinetron Love Story the Series di SCTV / Dok. SCTV

Serial drama yang tak kalah serunya adalah Love Story the Series. Serial ini juga diproduksi SinemArt dan tayang perdana 12 Januari 2021 pukul 20.00 WIB di SCTV.

Sinetron ini disutradarai oleh Gita Djun dan dibintangi oleh Giorgino Abraham, Yasmin Napper, Anjasmara, dan Fathir Muchtar.

Serial ini menyajikan kisah romansa yang paling memeras emosi. Tokoh utamanya, Giorgino Abraham yang memerankan Kendra dan Yasmin Napper yang memerankan Maudy bahkan mendapat penghargaan Infotainment Awards 2021 untuk kategori Best Male Character dan Best Female Character.

Selain itu, serial drama ini juga berhasil menorehkan penghargaan Best Romantic Scene di ajang yang masih tertunda tersebut.

Drama ini berkisah tentang perjuangan cinta Kendra dengan Maudy yang terhalang dendam keluarga. Argadana (Anjasmara), ayah Maudy memiliki dendam dengan Wilantara (Fathir Mucthar), ayah Kendra.

Sekitar 20 tahun silam, Tissa (Ersya Aurelia), adik Wilantara ditemukan tewas bunuh diri di kamarnya. Ditemukan secarik surat yang menyatakan bahwa Tissa hamil anak Bram (Dylan Carr), yang tak lain adik Argadana.

Namun, Bram tidak ingin bertanggungjawab dan memilih untuk menikahi perempuan lain.  Wilantara pun murka dan datang ke rumah Argadana membawa senapan angin sambil membawa jenazah sang adik.

Kemudian ia menembak tewas Bram. Argadana yang tidak terima melihat adiknya dibunuh menjadi dendam lalu menjebloskan Wilantara ke penjara.

Pesan dari film ini adalah bahwa dendam yang terpelihara lama dalam keluarga bisa menghambat masa depan anak-anak jika tidak segera didamaikan.

3. Berbagi Suami The Series

Sinetron Berbagi Suami The Series di ANTV / Dok. ANTV

Serial keluarga lain yang tak kalah serunya adalah Berbagi Suami The Series. Serial ini merupakan adopsi dari film Berbagi Suami yang digarap Nia Dinata tahun 2006.

Sinetron ini diproduksi oleh Tripar Multivision Plus dan tayang perdana pada 7 Juli 2021 di ANTV dari PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) serta setiap hari pukul 18.00 WIB.

Drama keluarga yang memasuki episode ke-24 ini dibintangi antara lain oleh Faradilla Yoshi, Adly Fairuz, Dea Lestari dan Lucky Perdana.

Masih seperti cerita di serial sebelumnya, drama ini berkisah tentang hasrat yang tidak mengenal suku, agama, ras, status ekonomi, ataupun sejauh mana tingkat pendidikan seseorang. Di hadapan hasrat yang tak terkendali, setiap orang bisa dengan mudah jatuh ke dalam jalan yang salah.

Film ini sebetulnya menyoroti satu hal yang terkadang dianggap lumrah dengan diterima segala konsekuensinya dalam masyarakat: poligami. Namun rupanya poligami dalam "Berbagi Suami" terjadi di kota besar.

Namun kali ini, serial ini memiliki kisah yang sedikit berbeda meski dengan tema yang sama. Diceritakan, Bianca (Dea Lestari), istri Dimas (Adly Fairuz) sedang merayakan ulang tahun putri mereka, Carissa (Alesha Fadillah).

Betapa terkejutnya Bianca ketika Dimas datang dari luar kota tidak hanya sendiri, tetapi membawa serta wanita lain. Nama wanita itu Aisyah (Faradilla Yoshi) yang dikenalkan sebagai istrinya.

Dimas memiliki alasan khusus kenapa memutuskan untuk menikah lagi. Saat perjalanan dinas keluar kota, Dimas mengalami kecelakaan dan mobil yang dikendarai masuk ke jurang.

Aisyah yang melihat kecelakaan tersebut menyelamatkan Dimas dan membawanya ke rumah karena ia tidak punya uang untuk ke rumah sakit. Aisyah pun merawat Dimas hingga sadar. Kehadiran Dimas menimbulkan kesalahpahaman penduduk desa.

Untuk menutupi kesalahannya, Dimas memutuskan untuk menikahi Aisyah. Namun ternyata, Aisyah mengenal Bianca, istri pertama Dimas. Kehidupan Aisyah bertambah kacau ketika mereka bertemu di Jakarta.

Satu hal yang tak kalah seru, Aisyah ternyata menyimpan rahasia masa lalu Bianca. Seperti apa kisah kehidupan masa lalu Bianca? Dan apakah Aisyah mau membongkar rahasia itu di hadapan Dimas?

Cerita ini bisa menjadi gambaran atau contoh bagaimana dampak poligami, sesuatu yang sudah dibahas penolakannya dalam sejarah gerakan wanita Indonesia.

Cerita dalam film ini cocok buat merefleksikan kondisi kerentanan perempuan atau istri ketika menjadi korban poligami oleh suami.*

Berita Terkait