Sekolah Diliburkan karena Covid-19, Ruangguru Sediakan Fasitilas Sekolah Online Gratis

JAKARTA – Aplikasi belajar Ruangguru membuka Sekolah Online gratis untuk membantu siswa yang sekolahnya diliburkan dengan tujuan meminimalisasi dampak penyebaran virus Corona.

Program tersebut dimulai hari ini pada pukul 08.00-12.00 WIB dan mencakup semua mata pelajaran untuk semua jenjang sesuai dengan kurikulum nasional, dari tingkat SD sampai dengan SMA.

Dipandu oleh Master Teachers Ruangguru, siswa dapat menjalankan fasilitas live teaching dan mengakses Bank Soal serta Online Tryout secara gratis.

Di samping itu, para guru juga dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar melalui program Pelatihan Guru online yang disediakan gratis selama satu bulan ke depan.

“Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pendagogik dan professional,” ungkap Belva Devara selaku pendiri dan Direktur Utama Ruang Guru dalam akun resmi Ruangguru, Minggu (15/3/2020).

Materi yang dimaksud antara lain kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya. Akses tersebut dalam dibuka dengan mengeklik tautan ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim sendiri mengatakan, pihaknya mendukung kebijakan pemerintah daerah (pemda) dalam meliburkan para siswa.

“Dampak penyebaran COVID-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap mendukung kebijakan yang diambil pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama,” ungkap Nadiem dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (15/2/2020).

Sebagai informasi, pemda setempat di antaranya DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Bekasi, dan Bogor telah mengambil kebijakan dengan memerintahkan seluruh sekolah agar meliburkan para siswa untuk belajar di rumah selama dua pekan ke depan.

Langkah tersebut diambil untuk meminimalisasi dampak penyebaran Covid-19. Hingga hari ini, diketahui jumlah pasien positif virus corona di Indonesia telah mencapai sebanyak 117 kasus di mana delapan pasien di antaranya dinyatakan sembuh.

Tags:
Covid-19mendikbudruanggurusekolah online
%d blogger menyukai ini: