Sejumlah Kasus Bunuh Diri Gara-gara Gagal Bayar Pinjol Ilegal di Indonesia

14 September 2022 22:33 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi fintech pinjaman online (pinjol) atau kredit online alias peer to peer (P2P) lending ilegal harus diwaspadai. (Ilustrasi TrenAsia/Deva Satria)

JAKARTA - Kasus bunuh diri yang disebabkan oleh gagalnya membayar utang pinjaman online (pinjol) ilegal sudah terjadi beberapa kali di Indonesia.

TrenAsia merangkum beberapa peristiwa tersebut dari berbagai sumber, yakni sebagai berikut:

1. Sopir Taksi gantung diri di Jakarta Selatan, Februari 2019

Seorang sopir taksi berinisial Z ditemukan tidak bernyawa karena gantung diri di Jakarta Selatan karena terlilit utang pinjol pada Senin, 11 Februari 2019.

Saat jenazahnya ditemukan, polisi menemukan selembar surat wasiat yang isinya menyebutkan bahwa Z sedang terlilit utang dan sedang dikejar-kejar oleh penagih utang dari platform pinjol.

Dari hasil penyidikan, diketahui bahwa awalnya Z meminjam uang sebesar Rp500 ribu. Namun, berhubung dirinya tidak kunjung membayar dalam waktu lama, dendanya pun membengkak sampai ke jumlah yang sejauh ini belum diketahui nominalnya.

2. Seorang pria gantung diri di Depok, Maret 2020

Seorang pria berinisial ST di Depok mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di area dapur rumah kontrakannya pada Kamis, 5 Maret 2020.

Jenazah ST pertama kali ditemukan istrinya yang baru saja pulang arisan, dan dari keterangan yang dikumpulkan kepolisian, diketahui bahwa ST memiliki masalah utang pinjol yang sudah jatuh tempo meski jumlah pastinya belum diketahui.

3. Seorang pria bunuh diri karena utang belasan juta, Tulungagung, Juni 2021

Seorang pria berinisial OS tewas bunuh diri dengan cara melukai tubuhnya sendiri dengan benda tajam di Tulungagung, Jawa Timur, pada Kamis, 24 Juni 2021.

Dari hasil penyelidikan, didapati tagihan utang kepada korban dari sejumlah penagih utang dari pinjol yang jumlahnya mencapai belasan juta rupiah.

4. Petugas penangkaran rusa bunuh diri di Gunungkidul, Agustus 2021

Petugas penangkaran rusa di Gunungkidul, DI Yogyakarta, berinisial ADS ditemukan tewas gantung diri di kandang rusa, Senin, 30 Agustus 2021.

Dari keterangan temannya, ADS mendapatkan pesan WhatsApp yang isinya menyuruh dirinya untuk segera melunasi utang pinjolnya.

5. Pegawai bank bunuh diri dengan utang yang mencapai Rp23,7 juta, Bojonegoro, Agustus 2021

Seorang pegawai bank di Bojonegoro, Jawa Timur, ditemukan gantung diri di kantornya pada Senin, 23 Agustus 2021 gara-gara terjerat utang pinjol.

Selain berutang ke pinjol, pegawai bank yang tidak disebutkan inisialnya ini pun diketahui memiliki sejumlah utang ke teman dan nasabahnya. Jumlah nominal utang korban diketahui mencapai Rp23,7 juta.

Pegawai tersebut pun meninggalkan surat wasiat yang berisi permintaan maaf kepada sejumlah pihak yang bersangkutan karena ia kecanduan dengan pinjol.

6. Seorang ibu rumah tangga gantung diri karena utang dengan total Rp55,3 juta, Wonogiri, Oktober 2021

Seorang ibu rumah tangga berinisial WPS asal Wonogiri, Jawa Tengah, menggantung dirinya sendiri di rumahnya pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Sebelum mengakhiri hidupnya sendiri, korban sempat bercerita kepada suaminya terkait utang dan teror yang ia terima dari para penagih.

Selain itu, ditemukan pula buku catatan berisi daftar nama 27 platform pinjol dengan total utang yang mencapai Rp55,3 juta. Rata-rata korban berutang mulai dari Rp1,6 juta sampai Rp3 juta di masing-masing platform.

7. Seorang pemuda bunuh diri karena tak tahan teror penagih utang, Malang, Oktober 2021

Seorang pemuda berinisial MEM asal Malang, Jawa Timur, ditemukan tewas karena bunuh diri karena tidak tahan dengan teror dari para penagih utang pinjol.

Motif di balik tindakannya itu diketahui dari keterangan teman-teman MEM yang mengatakan bahwa korban sering mengeluh soal tagihan pinjol sementara ia sendiri enggan untuk bercerita kepada keluarganya.

8. Seorang pria bunuh diri di mal karena stres dengan utang pinjol, Bekasi, Oktober 2021

Seorang pria berinisial AW nekat bunuh diri dengan cara melompat dari atap mal di Bekasi akibat terlilit utang pinjol ilegal, 11 Oktober 2021.

Sebelum mengakhiri hidupnya, korban sempat bercerita kepada kenalan-kenalannya terkait utang pinjol yang dibebankan kepadanya. Ia juga meninggalkan surat wasiat kepada keluarganya.

9. Ibu rumah tangga bunuh diri karena stres akibat tagihan pinjol yang mencapai Rp12 juta, Depok, November 2021

Seorang ibu dua anak berinisial JB ditemukan bunuh diri di kamar mandi rumahnya karena stres akibat tagihan pinjol yang mencapai Rp12 juta, Depok, Jawa Barat, 1 November 2021.

Berdasarkan isi percakapan di telepon genggam JB, polisi mendapati bahwa korban memiliki utang pinjol yang jumlahnya mencapai Rp12 juta.

JB yang tidak mempunyai pekerjaan tetap pun diduga tidak bisa membayar dan memilih bunuh diri. Ia juga meninggalkan surat wasiat yang berisi permintaan maaf dan permohonan kepada keluarganya untuk merawat kedua anaknya.

10. Seorang pria gantung diri di rumah temannya, Jakarta Utara, Juli 2022

Pria berinisial RH mengakhiri hidupnya karena terjerat utang pinjol yang nominalnya mencapai belasan juta rupiah.

Pria yang berasal dari Kuningan ini mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di rumah temannya yang berada di Jakarta Utara pada Selasa, 5 Juli 2022.

Menurut keterangan saksi, RH memang seringkali mengeluhkan teror yang datang dari penagih utang pinjol. Ia pun sempat bercerita bahwa penagih utang mengancam akan menyebarkan data pribadinya.

11. Karyawati honorer bunuh diri karena teror dari pinjol ilegal, Jember, Agustus 2021

Karyawai honorer berinisial ERP di Jember, Jawa Timur, ditemukan tewas gantung diri, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Sebelum meninggal, korban menulis surat wasiat untuk ibunya yang berisi permintaan maaf karena memutuskan bunuh diri dengan meninggalkan utang.

Ia juga berpesan kepada ibunya untuk menjual sepeda motor miliknya untuk melunasi utang kepada pinjol ilega.

12. Mahasiswi bunuh diri di Padang, Februari 2022

Seorang mahasiswi berinisial E di Padang, Sumatera Barat, ditemukan tewas gantung diri di kamar kosannya karena terlilit utang pinjol.

Sebelum mengakhiri hidupnya, korban sempat mengirim pesan singkat kepada kekasihnya yang menyampaikan niatnya untuk bunuh diri.

13. Seorang perawat bunuh diri di rumah kontrakan karena tak bisa membayar cicilan pinjol, Surabaya, September 2022

Terbaru, seorang perawat berinisial GRD ditemukan tewas karena gantung diri di rumah kontrakannya, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 10 September 2022.

Jenazah GRD ditemukan oleh ibu kandungnya yang berkunjung karena sudah dua hari tidak mendapatkan kabar dari anaknya.

Menurut keterangan sang ibu, anaknya sudah lama terjerat utang pinjol. Ibunya pun kerap kali mendapatkan teror dari para penagih utang.

Berita Terkait