Sebuah Bola Api Raksasa Dilaporkan Melintas di Langit New York

02 September 2022 11:01 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

NEW YORK- Sebuah bola api raksasa tampak melintas di langit New York, Amerika Serikat saat tengah malam.

Lintasan bola api yang berpijar dilaporkan setidaknya oleh 120 orang. Salah seorang saksi bahkan berhasil merekam citra bola api.

Eric Lofrgen, seorang pria asal Palmyra, New York secara kebetulan berhasil merekam momen lewatnya bola api yang melintas selama 5 detik bola api dengan kamera yang tertempel kendaraannya.

Mengutip Live science Kamis, 1 September 2022, bola api tersebut diidentifikasi sebagai sebuah meteor. Batu luar angkasa itu berpendar karena terbakar saat bergesekan dengan atmosfer.

Sebagai informasi, sebuah benda luar angkasa yang masuk ke dalam atmosfer bumi telah memenuhi syarat sebagai bola api ketika memiliki ukuran lewat dari minus 4.

Sebagai perbandingan, bulan purnama memiliki magnitudo minus 12,6. Sedangkan matahari memiliki magnitudo minus 26,7. 

Jika diperkirakan minus 4 setara dengan besarnya planet Venus jika dilihat pada pagi atau malam hari dengan mata telanjang.

Sulit untuk mengatakan seberapa besar dan terang meteor yang jatuh di atas timur laut AS pada hari Minggu itu. Sebab, besarnya bola api berubah berdasarkan jaraknya dari pengamat. 

Sejumlah saksi mata memperkirakan bahwa bola api itu memiliki magnitudo dari nol hingga minus 26. Artinya, beberapa saksi melihat bola yang bersinar hampir seterang matahari.

Masuknya bola api ke atmosfer bumi merupakan hal yang lazim terjadi. Biasanya, bola api yang merupakan meteor itu terbakar habis sebelum sampai ke permukaan bumi.

Namun sebagian lain yang menyisakan material di bumi diketahui telah jatuh ke laut atau tempat tersembunyi lainnya.

Berita Terkait