Sebenarnya Kalsium di Gigi Kita Berasal dari Bintang yang Meledak

JAKARTA-Kalsium penting bagi tubuh manusia. Gigi dan tulang kita mengandalkannya untuk tetap kuat. Kalsium dapat dikonsumsi dalam suplemen, susu, keju, dan sebagian besar produk susu, tetapi tahukah Anda bahwa kita juga mendapatkan kalsium dari supernova yang meledak?

Menurut sciencealert.com yang dikutip The Vintage News 28 November 2020, para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa hampir setengah dari kalsium yang ditemukan dalam tubuh manusia berasal dari supernova.

SN 2019ehk, supernova di galaksi spiral Messier sekitar lima puluh lima juta tahun cahaya ditemukan oleh astronom amatir Joel Shepherd pada bulan April 2009. Segera setelah dia memposting berita tersebut, hampir semua ilmuwan astrofisika mengarahkan teleskop mereka ke bintang yang sekarat termasuk Observatorium Swift Neil Gehrels NASA.

Régis Cartier, astronom dari National Optical-Infrared Astronomy Research Laboratory berkomentar, “Sebagian besar bintang masif menciptakan sejumlah kecil kalsium selama masa hidupnya, tetapi peristiwa seperti SN 2019ehk tampaknya bertanggung jawab untuk memproduksi kalsium dalam jumlah besar dan dalam proses ledakan, menyebar melalui ruang antarbintang di dalam galaksi.

Pada akhirnya, kalsium ini membentuk sistem planet, dan ke dalam tubuh kita dalam kasus Bumi. Jenis peristiwa astronomi ini jarang terjadi serta sulit dilihat, tetapi kali ini para ilmuwan dapat mempelajari bintang selama kematiannya.

Saat bintang itu meledak, cahaya sinar-X yang bercahaya dilepaskan dan mengenai kulit terluar gas memberi para astronom jawaban tentang apa yang ditumpahkan bintang itu.

Tekanan Panas

Menurut makalah penelitian di iopscience.iop.org dengan penulis utama, Wynn V. Jacobson-Galán, dari NSF di Universitas Northwestern di Evanston, Illinois Amerika, kalsium diproduksi ketika tekanan dan panas yang hebat di dalam kulit terluar menyebabkan reaksi nuklir penuh dengan kalsium yang berlangsung selama sekitar tiga ratus hari.

Kehidupan bintang masif dari fusi nuklir hidrogen dan helium menghasilkan karbon, nitrogen, dan besi. Saat besi menumpuk di inti bintang, hal itu menyebabkan keluaran panas melambat secara dramatis yang menyebabkan inti runtuh dan bintang meledak.

Menurut imaginegsfc.nasa.gov, beberapa atom yang dilepaskan dari ledakan bergabung bersama dan menciptakan nikel, xenon, kobalt, emas, perak dan uranium yang menyebar ke seluruh ruang angkasa. Litium, berilium, dan boron juga merupakan elemen yang diperoleh dari luar angkasa.

Lebih dari 67 astronom dari lima belas negara berbeda bergabung bersama untuk mempelajari dan berbagi pengamatan mereka terhadap SN 2019ehk, menjadikannya sebagai upaya global. Mereka masih mengamati sisa-sisa ledakan untuk studi lanjutan.

Sekitar tiga ratus dua puluh tahun yang lalu bintang Cassiopeia A meledak dan sisa-sisanya masih dapat dilihat hari ini. Mereka bisa melihat banyak unsur yang ditumpahkan termasuk kalsium yang tampak seperti nebula merah.

Tags:
astronomikalsiumkalsium di gigikesehatan gigimanfaat kalsiumsupernova
%d blogger menyukai ini: