Sebelum Tarif Listrik Naik, Ini Cara Untuk Hemat Tagihan

19 Juni 2022 08:03 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Drean Muhyil Ihsan

Sebelum Listrik Naik, Ini Cara Untuk Hemat Tagihan

JAKARTA - Setelah pemerintah mengumumkan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan dengan golongan 3.500 VA ke atas per 1 Juli 2022, ada baiknya Anda bersiap mengencangkan dompet dengan menghemat penggunaan listrik.

Beberapa cara menghemat listrik dapat meminimalisir tagihan yang membengkak. Tagihan listrik yang terus membengkak menjadi masalah yang kerap terjadi di kalangan masyarakat.

Lantas bagaimana cara menghemat listrik agar tidak boros? Untuk mengetahuinya, TrenAsia.com rangkum kiat-kiat menghemat listrik seperti berikut ini:

1. Menghidupkan Alat Elektronik Seperlunya

Sebisa mungkin dalam menggunakan alat elektronik sesuai dengan kebutuhan, jika sudah tidak digunakan sebaiknya dicabut atau dimatikan. Langkah ini bisa membuat tagihan listrik lebih ringan.

2. Menggunakan Listrik Prabayar

Dengan menggunakan listrik sistem prabayar, Anda dapat mengatur sendiri seberapa penggunaan listrik rumah agar tetap hemat. Dari sini Anda dapat memperkirakan daya bulanan yang digunakan dan sesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing.

3. Batasi Penggunaan Perangkat dengan Daya Besar

Microwave, AC, TV, Kulkas dan lainnya. Jika Anda tidak ingin tagihan listrik membengkak batasi penggunaan perangkat ini dengan menggunakan secara bergantian. Menggunakan perangkat berdaya besar secara bersamaan akan memperboros penggunaan listrik.

4. Menggunakan Lampu LED

Memanfaatkan lampu dapat membantu menghemat tagihan listrik, karena lampu LED terkenal menjadi lampu hemat listrik.

5. Buka Pintu dan Jendela Saat Siang Hari 

Dengan membuka pintu dan jendela pada siang hari, selain agar sirkulasi udara masuk ke rumah, namun bisa juga sebagai pengganti kipas angin dan AC.

Berita Terkait