Seasons City Optimalkan Fungsi Satgas COVID-19 Demi Perketat Protokol Kesehatan

26 Juni 2020 20:30 WIB

Penulis: wahyudatun nisa

Tim gugus pengendali COVID-19 Seasons City tengah melakukan pengawasan di area pusat belanja. / Dok. PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN)

JAKARTA – Trade mall (TM) kelolaan PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) yaitu Seasons City mengoptimalkan fungsi pengawasan dari satuan gugus tugas (Satgas) COVID-19 yang dibentuknya untuk memastikan ketaatan terhadap protokol kesehatan serta memberikan kenyaman bagi pengunjung.

HRGA Manager TM Seasons City Agus Widodo menjelaskan hal ini dilakukan sejak mal kembali dibuka pada 15 Juni lalu. Bahkan, keberadaan Satgas COVID-19 sudah dibentuk diawal masa pandemi.

“Tim gugus pengendali COVID-19 Seasons City anggotanya ada 10 orang. Jadi setiap hari mereka berkeliling dan memantau dan mengingatkan pengujung yang tidak menggunakan masker. Caranya yang bersahabat, serta melakukan pengecekan jarak pengunjung untuk bisa berjarak minimal 1 meter dan tidak bergerombol,” jelas Agus di Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.

Demi meningkatkan penerapan protokol kesehatan, pengelola pusat belanja Seasons City juga telah menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Seasons City juga menggandeng Puskesmas Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Agus menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama tersebut.

Dikatakannya bahwa kerja sama ini berlangsung sejak 10 April 2020 untuk dapat membantu proses pengawasan kepada pengunjung dan juga tenant.

Dia menjelaskan Satuan Polisi PP lebih fokus kepada pendisiplinan protokol kesehatan. Sedangkan, pihak Puskesmas melakukan tindakan represif apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan dari tenaga kesehatan.

Viral di Media Sosial

Pria yang akrab disapa Widodo tersebut menambahkan bahwa respons kedua lembaga sangat positif kepada pihak pengelola TM Seasons City hingga sempat viral di media sosial. Petugas Satpol PP dan Puskesmas memberikan edukasi terkait kesehatan dan COVID-19 kepada para tenant dan pengunjung.

Ke depannya, lanjut Agus, TM Seasons City akan melakukan kerja sama dengan pihak Rumah Sakit terdekat. Rumah sakit itu dapat menjadi rujukan untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan tindakan medis yang serius.

Pengelola TM Seasons City telah menerapkan berbagai prosedur tetap (protap) kesehatan COVID-19. Misalnya, mewajibkan pengunjung untuk cuci tangan sebelum memasuki area trade mall. Kemudian, pengunjung juga wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, dan penyediaan hand sanitizer, sesuai dengan anjuran dari pemerintah DKI Jakarta.

Trade mall dibawah Agung Podomoro ini juga menerapkan peraturan pemerintah yakni menjaga jumlah pengunjung untuk tidak lebih dari 50%. Begitu juga dengan jumlah tenant yang buka, dijaga tidak lebih dari 70%.

“Kami hanya membuka 11 pintu dari 21 pintu yang ada. Hal itu dilakukan demi mempermudah pengawasan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan saat hendak masuk area trade mall,” ujar Agus. (SKO)

Berita Terkait