Satu-Satunya Gerhana Matahari Total Tahun ini Terlihat di Antartika

07 Desember 2021 02:38 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Sukirno

Sejumlah ilmuwan menyaksikan satu-satunya peristiwa gerhana matahari total tahun ini terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021, satu-satunya lokasi untuk melihat peristiwa ini adalah melalui tayangan webcast virtual seperti yang dilakukan oleh NASA dari Union Glacier, Antartika. Sumber: Global Times (Global Times)

ANTARTIKA - Pada hari Sabtu, 4 Desember 2021, satu-satunya peristiwa gerhana Matahari total tahun ini terjadi dan dari seluruh dunia, satu-satunya lokasi untuk melihat peristiwa ini adalah melalui tayangan webcast virtual seperti yang dilakukan oleh NASA dari Union Glacier, Antartika.

Pemandangan yang menakjubkan ini hanya mampu dilihat oleh beberapa orang. Sebuah garis tipis di mana bayangan Bulan menyentuh permukaan Bumi atau jalur totalitas gerhana Matahari membentang di berbagai bagian terpencil Antartika di mana relatif sedikit pengamat manusia yang mampu melihat. Beberapa ilmuwan berkelana ke medan keras Antartika untuk mengamati gerhana Matahari.

Satu-satunya gerhana Matahari total tahun 2021 terjadi dalam keadaan yang sangat terisolasi hari ini, membentang di atas Antartika yang jarang penduduknya dan daerah sekitarnya untuk menciptakan pemandangan indah.

Fase parsial gerhana Matahari dimulai pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 02:00 pagi Eastern Standard Time/EST (pukul 14:00 WIB), dan mencakup totalitas kurang dari dua menit pada pukul 2:44 pagi EST (14:44 WIB), sebelum berakhir pada pukul 3:06 pagi (15:06 GMT), menurut NASA dikutip TrenAsia.com pada 6 Desember 2021. 

Karena gerhana Matahari total terjadi ketika Bulan melintasi Matahari, hanya sebagian kecil Bumi yang jatuh ke dalam bayangan Bulan yang sangat kecil. Gerhana total menyapu Stasiun Palmer National Science Foundation (populasi pada musim panas biasa sekitar 40 manusia) dan dalam fase parsial, melintasi Stasiun McMurdo yang jauh lebih besar (biasanya sekitar 1.000 orang.) 

Penikmat pemandangan gerhana Matahari total yang paling banyak adalah penguin kaisar (emperor penguin). Walaupun mustahil memperkirakan berapa banyak, menurut perkiraan populasi oleh U.S. Fish and Wildlife Service menunjukkan ada hingga 650.000 total populasi hewan asal Antartika itu, atau sekitar 650 penguin per 1 ilmuwan di McMurdo. 

Berita Terkait