Saraswati Anugerah Makmur Catatkan Saham Perdana di BEI

JAKARTA – PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk. resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai perusahaan tercatat ke-19 di tahun ini, Selasa, 31 Maret 2020.

Perusahaan berkode saham SAMF tersebut telah melaksanakan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) sejumlah 775 juta lembar saham baru yang ditawarkan dengan harga Rp120 per saham. Dengan demikian, keseluruhan dana IPO yang terkumpul sebesar Rp83 miliar.

Perusahaan yang memiliki kurang lebih 500 pelanggan tersebut juga mencatat penjualan sepanjang tahun 2019 sebesar Rp1,28 triliun dengan laba bersih sekira Rp95,80 miliar.

Selain itu, perusahaan yang berdiri sejak 1998 ini juga memberikan alokasi pasti (fixed allotment) sejumlah 22.639.400 saham kepada karyawan dan Entitas Anak yang di lock-up selama dua tahun.

Meskipun kondisi global maupun regional sedang tidak kondusif akibat COVID-19, Direktur Utama Perseroan Yahya Taufik mengatakan, proses bookbuilding dan penawaran umum tetap berjalan dengan lancar.

“Masyarakat masih menaruh kepercayaan pada pasar modal. Hal itu dapat dilihat dari tingginya antuasiasme terhadap IPO perusahaan ini,” ujar Yahya dalam keterangan tertulis, Selasa, 31 Maret 2020.

Perseroan yang bergerak dalam bidang pupuk NPK nonsubsidi tersebut akan menggunakan sekitar 49,78% dana untuk kebutuhan belanja modal Entitas Anak, meliputi pembelian mesin-mesin produksi, instalasi pembangunan, dan pemeliharaan fasilitas.

Sementara itu, sekitar 50,22% sisanya akan digunakan untuk modal kerja perusahaan dan Entitas Anak.

Tags:
beiCovid-19Pasar modalPT Saraswati Anugerah Makmur Tbk.Saham
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: