Sandiaga Uno Ungkap Kunci Sukses Usaha di Masa Pandemi

10 Agustus 2021 11:45 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Rizky C. Septania

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat akan mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi X DPR di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kerja kolaborasi dan inovasi merupakan salah satu kunci sukses pelaku usaha memulai bisnis atau memperlebar sayap usaha di masa pandemi.

Menurut dia, kerja kolaborasi dan inovasi bisa menumbuhkan iklim persaingan yang sehat untuk meraih hasil positif di masa depan.

"Itu adalah hal positif yang dapat dicapai dengan melakukan adaptasi, kerjasama kolaborasi, dan berinovasi. Inovasi yang baik dapat mencapai tiga hal penting yakni Doing things better, Doing things cheaper, dan Doing things faster. (Artinya) Melakukan hal lebih baik, lebih cepat dan lebih murah," ujar Sandi dalam webinar "Membangun Bisnis dan Ekonomi Kreatif untuk Generasi Milenial" di Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021.

Dia mencontohkan kolaborasi yang cukup berhasil adalah merger antara Gojek dengan Tokopedia yang hampir tidak pernah dipikirkan banyak orang. Kedua perusahaan membentuk entitas baru bernama GoTo.

Sandi menyebut bahwa kolaborasi dua start up raksasa karya anak bangsa yang sudah memiliki menjadi Decacorn itu telah mencapai Gross Transaction Value (GTV) lebih dari US$45 miliar setara Rp646,7 triliun, lebih dari US$1,8 miliar transaksi, dan lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar.

Demikian halnya dengan Bukalapak yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) pekan lalu, dalam perdagangan terakhir memiliki GTV sebesar Rp100 triliun.

Adapun dari IPO pekan lalu, PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) meraup dana segar sebesar US$1,5 miliar setara Rp21,4 triliun dan menjadi IPO terbesar di Indonesia.

Sandi berharap kerja kolaborasi dan inovasi bisa menjadi platform kerja generasi milenial untuk terjun ke dunia usaha. Apalagi, dengan teknologi digital yang sangat memungkinkan kerja-kerja kolaborasi bisa terwujud di masa depan.

"Itulah inovasi. Jika bisa melakukan hal itu dengan berinteraksi, kerja-kerja digital, dan menciptakan konten-konten kreatif maka ke depan Indonesia akan jadi pemenang di masa pandemi," ungkap Sandi.*

Berita Terkait