Sandiaga Uno Target 30 Juta UMKM Onboarding pada 2023

25 Agustus 2021 18:45 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menargetkan sebanyak 30 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa onboarding hingga akhir 2023.

Untuk merealisasikan target ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki sejumlah program seperti Baparekraf Digital Entrepreneurship, Beli Kreatif Lokal, dan sebagainya.

“Pemerintah menyadari perannya untuk memfasilitasi UMKM melalui kebijakan maupun anggaran. Targetnya 30 juta UMKM bisa onboarding hingga akhir 2023,” kata Sandiaga dalam konferensi pers HIJUP Growth Fund, Rabu 25 Agustus 2021.

Spesifik soal industri fesyen muslim, ia melihat dengan banyaknya penduduk muslim membuat Indonesia menjadi pasar global yang sangat besar. Buktinya, Indonesia masih pengimpor produk halal terbesar di dunia. 

Hal itu sangat ia sayangkan, sebab para UMKM fesyen muslim sejatinya berkemampuan untuk menghasilkan produk unggulan. Hanya saja, menurutnya rantai dari hulu ke hilir bisnis yang belum terkoordinasi dengan rapi.

“Jadi saya mengajak semua untuk berkolaborasi, dari produksi sampai pembayaran untuk bergabung. Agar Indonesia jadi kiblat fesyen muslim dunia. Jangan hanya pasar, tapi pemain,” ucap Sandi.

Ia berharap, langkah HIJUP sebagai platform e-commerce melucurkan program HIJUP Growth Fund bisa menjadi jalan bagi industri halal kian berkembang. Melalui inisiatif ini, sambung Sandiaga, kualitas UMKM lokal akan didukung dengan produktivitas, sehingga skala bisnis dan kesejahteraan pelaku usaha juga terus meningkat.

Sebagai informasi, data Indonesian E-Commerce Association (idEa) pada pertengahan Agustus 2021 melaporkan, sebanyak 14 juta atau 22% dari total UMKM telah tergabung dalam perdagangan elektronik atau onboarding.

Selain itu, data Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) menyebut, sebanyak 3,4 juta UMKM sudah onboarding tahun ini.

Berita Terkait