Sandiaga Uno Siapkan Paket Wisata Vaksin Dosis Lengkap untuk Turis Asing

June 09, 2021, 09:06 AM UTC

Penulis: Sukirno

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno meninjau langsung kegiatan Mobile Rapid Test (tes bergerak) di Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.  Tes cepat secara massal ini diadakan untuk mendeteksi paparan virus corona di masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang menjadi zona merah COVID-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah mempersiapkan paket wisata vaksin COVID-19 dengan dosis lengkap bagi wisatawan yang ingin melancong ke berbagai destinasi di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sedang mempersiapkan hal tersebut dan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

“Wisata vaksin ini jadi satu keniscyaan dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif . Yang kita pastikan vaksin untuk WNI gratis sebagai barang publik, yang kita tentukan paket wisatanya,” kata Sandiaga dilansir Antara, Selasa, 7 Juni 2021.

Sandiaga mengungkapkan skema paket wisata vaksin COVID-19 bisa dimulai dengan vaksinasi dosis pertama sebelum keberangkatan ke destinasi wisata. Selanjutnya wisatawan akan menikmati liburan selama 14 hari di destinasi wisata tertentu, kemudian mendapatkan vaksinasi dosis kedua sebelum kembali pulang.

“Saya harap ini bisa meningkatkan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata dia.

Sandiaga juga mengatakan akan memberikan beberapa alternatif paket wisata dengan destinasi tertentu untuk memperbanyak pilihan. Hal itu diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia berwisata di Indonesia ketimbang harus berlibur ke luar negeri.

Seperti diketahui, saat ini sejumlah negara mempromosikan wisatanya dengan paket vaksinasi COVID-19 untuk bisa meningkatkan ekonomi di sektor pariwisata. Dengan adanya wisata vaksin COVID-19 di Indonesia diharapkan masyarakat lebih memilih wisata vaksin di dalam negeri sekaligus memulihkan ekonomi di sektor pariwisata. (SKO)