Sandiaga Uno Rekomendasikan Destinasi Wisata Alternatif di Jakarta saat Libur Lebaran 2022

02 Mei 2022 20:15 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Fakhri Rezy

Warga melihat beragam pernak-pernik yang dijajakan di kios pedagang kawasan Pecinan-Pancoran Glodok, Jakarta, Kamis, 20 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno merekomendasikan sejumlah alternatif destinasi wisata di Jakarta yang dapat dikunjungi selama periode libur Lebaran 2022.

Menurutnya, terdapat sejumlah tempat rekreasi pilihan selain Ancol dan Ragunan. Di antaranya Pecinan Glodok yang terletak di Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan dan Kampung Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

“Tahun ini, Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu bisa masuk dalam daftar 100 destinasi tujuan wisata,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin, 2 Mei 2022.

Pria yang akrab disapa Sandi tersebut menilai variasi destinasi wisata itu dapat memecah kerumunan yang selama ini hanya terkonsentrasi di beberapa tempat saja. Untuk itu, ia akan meminta pengelola daerah wisata untuk membatasi dan mengatur kapasitas pengunjung maksimal 75%.

Kapasitas pengunjung tempat wisata disesuaikan dengan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Dengan begitu, ia berharap dapat menekan penyebaran COVID-19 pada masa libur Lebaran tahun ini.

Ia juga memprediksi peredaran uang pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada masa Lebaran kali ini mencapai Rp72 triliun. Perputaran uang itu 60% di antaranya tersebar di Pulau Jawa, dan sisanya di luar Jawa. 

Mayoritas uang itu digunakan masyarakat untuk untuk membeli oleh-oleh, produk kuliner hingga akomodasi penginapan. Ia turut menduga tingkat okupansi alias hunian hotel bakal meningkat 8% - 10% selama masa libur Lebaran 2022.

Berita Terkait