Saingi Clubhouse, Twitter Spaces Kini Tersedia Untuk Pengguna dengan 600 Pengikut

May 04, 2021, 04:07 PM UTC

Penulis: Justina Nur Landhiani

Twitter Spaces/twitter.com

JAKARTA – Pengguna Twitter di Android dan iOS dengan lebih dari 600 pengikut atau lebih akan dapat membuat atau menjadi host Spaces. Dikutip dari HT Tech, perluasan ini dilakukan setelah berbulan-bulan pengujian di antara pengguna tertentu.

Twitter kini juga bersaing dengan Clubhouse yang baru saja memulai pengujian beta aplikasi Android-nya. Twitter berencana untuk memperkenalkan fitur-fitur baru seperti ‘Ticketed Spaces’, penjadwalan dan pengingat, co-hosting, dan lainnya.

Alasan Twitter di balik mengizinkan pengguna dengan 600 pengikut atau lebih menjadi tuan rumah Space adalah bahwa akun-akun tersebut cenderung memiliki pengalaman yang baik dalam menyelenggarakan percakapan langsung karena audiens yang sudah mereka miliki. Twitter mengatakan ini berdasarkan umpan balik dari periode pengujiannya. Perusahaan berencana untuk segera menyediakannya untuk semua pengguna.

Ada lebih banyak fitur yang direncanakan untuk Twitter Spaces, dan di antaranya termasuk cara bagi host untuk memperoleh penghasilan melalui sesi audio mereka.

Twitter akan mengizinkan host menjual tiket untuk sesi Spaces mereka. Host ini akan memiliki kemampuan untuk menetapkan harga tiket dan berapa banyak yang tersedia untuk dijual. Ticketed Spaces akan tersedia untuk grup host terbatas dalam beberapa bulan mendatang.

Twitter mengatakan sebagian besar pendapatan akan masuk ke host sementara “sejumlah kecil” akan masuk ke perusahaan. Meski begitu, Twitter tidak merinci bagi hasil.

Penjadwalan dan pengaturan pengingat untuk Twitter Spaces juga akan segera hadir. Penyelenggara akan dapat menjadwalkan dan menyetel pengingat untuk Spaces yang akan tayang dalam beberapa minggu mendatang. Fitur lainnya termasuk Spaces hosting bersama, dan peningkatan teks langsung. Twitter juga sedang menguji gelembung ungu di sekitar foto profil seseorang untuk menunjukkan bahwa mereka menghosting Space.