Saingi Apple, Spotify Rilis Layanan Podcast Berbayar

01 Mei 2021 09:10 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Foto: The Guardian

JAKARTA – Aplikasi streaming musik Spotify mengatakan bahwa mereka telah merilis layanan podcast berbayar, hanya seminggu setelah Apple meluncurkan layanan podcast berbasis langganan.

Dikutip dari The Hindu, langkah ini akan memungkinkan produser atau pembuat podcast di Spotify untuk menghasilkan uang dari acara mereka tanpa biaya selama dua tahun pertama. Perusahaan streaming audio ini akan mengenakan komisi 5% mulai tahun 2023.

Layanan podcast berbayar di Spotify akan diluncurkan pertama kali di AS, diikuti oleh negara lain dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini akan mencakup 12 pembuat konten independen yang akan mempublikasikan konten khusus pelanggan di feed mereka.

Spotify juga akan menerima pendaftaran bagi podcaster lain untuk masuk daftar tunggu dan berencana membuka peluang lebih banyak podcaster dalam beberapa bulan kemudian.

Perusahaan asal Swedia itu mengatakan pihaknya juga telah mengintegrasikan aplikasinya dengan Facebook untuk memungkinkan pengguna premium memutar musik langsung dari aplikasi jejaring sosial di perangkat iOS dan Android. Pengguna Facebook juga dapat membagikan musik mereka ke feed berita Facebook, kata Spotify.

Sebelumnya, diketahui bahwa Apple memperbarui aplikasi podcastnya minggu lalu dan memperkenalkan langganan premium untuk pengguna di lebih dari 170 negara.

Berita Terkait