Saham Tesla Meroket Bikin Duit Elon Musk Naik Rp194,6 Triliun Hanya Semalam, Resmi Terkaya Dunia

JAKARTA – Pendiri sekaligus pemimpin perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk resmi menjadi orang terkaya setelah menggeser posisi pendiri Amazon.com, Jeff Bezos dalam semalam.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index, Jumat 8 Januari 2021, kekayaan Musk saat ini mencapai US$195 miliar, setara Rp2.730 triliun (asumsi kurs Rp14.000 per dolar Amerika Serikat). Kekayaan Musk meroket US$13,9 miliar setara Rp194,6 triliun hanya dalam waktu semalam.

Jumlah ini lebih tinggi US$10 miliar atau Rp140 triliun dari kekayaan Bezos yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$185 miliar atau sekitar Rp2.590 triliun.

Capaian ini didapatkan Musk dalam waktu semalam akibat lonjakan harga saham Tesla sekitar 8% pada penutupan perdagangan sore kemarin. Di index Nasdaq Composite, saham produsen mobil listrik asal Negeri Paman Sam itu berada di level US$816,04 per lembar.

Tak hanya itu, pada penutupan perdagangan waktu itu, kapitalisasi pasar emiten dengan kode saham TSLA itu melebihi Facebok untuk kali pertamanya. Valuasi Tesla tercatat mencapai US$760 miliar atau setara Rp10.688 triliun.

Nilai ini meroket 700% dalam 1 tahun terakhir di tahun 2020 sekaligus menjadikannya perusahaan otomotif paling berharga di dunia. Padahal, jumlah produksi Tesla jauh tertinggal dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Toyota, Volkswagen maupun General Motors.

Pada Kamis 7 Januari 2021, Musk masih menempati posisi kedua orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih US$181,1 miliar atau Rp2.535,4 triliun dan terpaut terpaut US$3 miliar setara Rp42 triliun.

Sementara, pada 2020 Musk beberapa kali menyalip beberapa jajaran konglomerat dunia seperti Warren Buffett dan Bill Gates. Musk pun menjadi orang dengan penambahan kekayaan paling cepat dalam sejarah. (SKO)

Tags:
10 Orang Terkaya DuniaAmazonbill gatesBloomberg Billionaires Indexelon muskfacebookHeadlineJeff Bezoskonglomeratmark zuckerbergmobil teslaorang kayaorang terkaya di duniaSpaceXteslaWarren Buffett
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: