Sah! Doni P. Joewono Resmi Diangkat Jadi Deputi Gubernur BI 2020-2025

JAKARTA – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan Doni P. Joewono sebagai Deputi Gubernur baru Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025.

“Doni P. Joewono dipilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat,” ungkap Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno di Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

Keputusan tersebut diumumkan setelah tiga calon Deputi Gubernur, yakni Doni P. Joewono, Juda Agung, dan Aida S. Budiman melakukan uji kepatutan dan kelayakan alias fit and proper test selama dua hari pada 7-8 Juli kemarin.

Doni diangkat menggantikan Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto yang masa jabatannya berakhir pada 17 Juni 2020 lalu.

Pria yang lahir di Surabaya 55 tahun yang lalu ini merupakan alumnus pendidikan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret. Lulus pada tahun 1988, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Indonesia dengan mengambil program studi Administrasi pada 2004.

Karier di BI

Sejak awal, karier Doni dimulai di BI sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter pada tahun 1991 dan melanjutkan penempatan di bidang statistik.

Pada tahun 2005-2007, Doni pun sempat bekerja sebagai Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, kemudian kembali lagi ke BI di pusat atau di Jakarta dan bertugas di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Dalam melaksanakan tugasnya, Doni banyak terlibat pada pembangunan sistem pengelolaan moneter, seperti penerbitan obligasi pemerintah, sistem pelaporan lalu lintas devisa, dan penyelenggaraan rakornas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Atas kerjanya tersebut, Doni pun mendapat dua kali penghargaan sebagai TPID terbaik di Solo tahun 2012 dan di Jakarta tahun 2018. Doni juga telah mengikuti Program Pendidikan LEMHANAS pada tahun 2018. (SKO)

Tags:
Bank IndonesiaBICalon Deputi Gubernur BIDeputi Gubernur BIDoni P JuwonoDPRfit and proper testHeadline
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: