Rutin Sejak 1955, Bagaimana Asal Usul Misi Norad Melacak Santa Clause?

16 Desember 2021 09:26 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Kru Norad dalam misi melacak Santa Clause (Norad)

COLORADO-Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara atau North American Aerospace Defense Command (Norad) sedang bersiap untuk melaksanakan misi favorit setiap tahun yakni melacak Santa Clause.

Misi yang disebut Santa Tracker tersebut akan diluncurkan pada 24 Desember 2021 mulai pukul 06.00 pagi waktu setempat. Tetapi seperti yang terjadi pada tahun 2020, Norad akan memodifikasi operasi pelacakan Sinterklas untuk melindungi pekerja dari COVID-19.

Bagaimana sebenarnya  Norad yang tugasnya mendeteksi serangan rudal nuklir untuk Amerika tersebut terlibat dalam misi aneh tersebut? Apalagi misi ini terus dilakukan sejak tahun 1955 bahkan meski tidak sekalipun berhasil menemukan atau melacak keberadaan laki-laki tua baik hati berjenggot dan berbaju merah tersebut.

Asal usul misi rutin ini berawal dari sebuah kesalahan. Pada tahun 1955 sebuah surat kabar menampilkan pengumuman bahwa anak-anak dapat menelepon Santa secara langsung, tetapi nomor telepon yang dicantumkan salah. Bukannya nomor surat kabar tersebut tetapi justru mencantumkan nomor telepon Pusat Operasi Komando Pertahanan Udara Kontinental. Ini adalah pendahulu Norad. 

Ketika ada seorang anak yang menelepon dan ingin berbicara dengan Santa, Kolonel Angkatan Udara Amerika Serikat Harry Shoup yang menjawab panggilan itu dengan cepat menyadari adanya kesalahan. Tetapi dia kemudian berusaha meyakinkan anak tersebut dia adalah Santa.

Akhirnya dari kesalahan tersebut Norad pun menjadikannya sebagai tradisi. Dalam beberapa tahun terakhir, Norad bahkan meminta bantuan 1.500 sukarelawan untuk menerima telepon dari orang-orang yang menanyakan keberadaan Santa. 

Misi melacak Santa tahun ini menjadi tugas Skuadron 21 Aerospace Control and Warning Squadron. Kapten Darren Ashton dari skuadron itu mengatakan tugas ini benar-benar menggembirakan. Ketika dia masih kecil dia mengaku suka melacak Santa pada Malam Natal. Dan kini dia yang akan melakukan untuk anak-anak. “Merupakan suatu kehormatan untuk dipilih untuk kesempatan ini,” kata Ashton. dilaporkan North Buy Nugget 14 Desember 2021. “Ini memberi kami kesempatan untuk menjalankan pekerjaan kami sehari-hari sambil melacak Sinterklas.

Staf Sersan  Michael Lombard dari Angkatan Udara Amerika Serikat juga mengaku gembira. Dia sendiri adalah salah satu orang yang akan mengendalikan pesawat pencegat untuk bertemu dengan objek asing yang terbang di wilayah udara yang diawasi Norad.  “Ini bukan sesuatu yang pernah saya pikirkan akan saya lakukan,” katanya, “tetapi melakukan sesuatu seperti ini hebat. Ini memberi kembali kepada masyarakat.”

Norad Tracks Santa telah berkembang selama bertahun-tahun dan sekarang diakui sebagai salah satu program penjangkauan komunitas terbesar oleh militer. Setiap tahun, situs web Norad Tracks Santa menerima hampir 15 juta pengunjung unik dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Relawan menerima lebih dari 130.000 panggilan ke hotline Norad Tracks Santa dari anak-anak.

Tetapi tahun ini, pusat pertahanan wilayah udara secara signifikan mengurangi stafnya untuk mencegah penyebaran COVID seperti yang terjadi pada tahun 2020,  Norad sendiri dibentuk bersama antara Amerika dan Kanada. Mayor Cameron Hillier, dari Angkatan Udara Kanada mengatakan Norad masih menerima sukarelawan untuk membantu melacak Santa. 

Hanya saja pada Malam Natal nanti, panggilan telepon ke Norad akan dialihkan ke rumah relawan sehingga mereka tidak perlu datang ke pusat pelacakan Santa Norad di Peterson Space Force Base di Colorado.

Pada 24 Desember pukul 4 pagi, Pelacak Sinterklas akan mulai mengikuti jalur kereta luncurnya di seluruh dunia. Dua jam kemudian, call center Norad akan dibuka.

Norad pada Rabu 14 Desember 2021 juga meluncurkan situs web pelacakan 2021 yang saat ini menampilkan penghitung waktu mundur hingga jam 4 pagi pada Malam Natal. Situs web ini tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Italia, Jepang, Portugis, dan China.

Tahun ini, anak-anak akan dapat melacak Sinterklas melalui Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram.

Di Facebook: @noradsanta

Di Twitter: @noradsanta

Di Instagram: @noradtrackssanta_official

Di web: www.noradsanta.org

Berita Terkait