Rusia Kecam Rencana Finlandia Bergabung Dengan NATO

14 Mei 2022 14:05 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Fakhri Rezy

Rusia ancam Finlandia mengenai keputusan untuk bergabung menjadi anggota NATO. (TASS)

MOSCOW - Rusia mengatakan bahwa mereka akan terpaksa mengambil ‘langkah pembalasan’ jika Finlandia akhirnya bergabung dengan NATO. 

Menurut Rusia langkah ini akan benar-benar merusak hubungan bilateral serta keamanan dan stabilitas di Eropa bagian utara.

Sebelumnya, presiden dan perdana menteri Finlandia menyatakan bahwa negaranya harus segera bergabung dengan NATO. 

Selain Finlandia, negara lain yang akan mengajukan keanggotaan NATO adalah Swedia. 

Finlandia dilaporkan akan segera mengumumkan keputusannya setelah dipertimbangkan oleh parlemen dan tokoh politik senior lainnya, menurut BBC.

Sementara itu, perwakilan Rusia untuk PBB, Dmitry Polyansky mengatakan bahwa langkah Swedia dan Finlandia akan menjadikan keduanya target serangan Rusia selanjutnya. 

Menanggapi ancaman Rusia, presiden Rusia Sauli Niinisto menyatakan ia mengaku tidak khawatir akan respon Rusia.

“Bergabung dengan NATO tidak akan menjadi pelanggaran terhadap siapapun. Anda yang menyebabkan ini semua. Berkaca lah,” katanya.  

Keputusan ini diambil setelah tuntutan publik untuk menjadi anggota NATO mengingat invasi terhadap Ukraina terhadap Rusia. 

Dalam sebuah jajak pendapat yang diadakan minggu lalu, dukungan terhadap keanggotaan Finlandia dengan NATO mencapai 76%.

Finlandia yang berbatasan dengan Rusia secara langsung itu selama ini belum bergabung dengan NATO agar terhindar dari permusuhan dengan tetangganya itu. 

Berita Terkait