RS Darurat COVID-19 Resmi Beroperasi Hari Ini

JAKARTA – Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran resmi beroperasi mulai hari ini, Senin, 23 Maret 2020.

Pembangunan RS darurat tersebut merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak, termasuk swasta. Dokter yang bertugas menangani pun berasal dari berbagai instansi, seperti Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan lain-lain.

Sementara itu, dalam prosesnya, BUMN akan menyuplai beberapa kebutuhan, meliputi peralatan kesehatan, alat pelindung diri, masker, dan obat-obatan.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, sebanyak tiga juta chloroquine telah diproduksi oleh PT Kimia Farma.

“Kalau satu pasien membutuhkan sekitar 50 butir, setidaknya ada 60.000 pasien yang bisa mendapatkan obat ini,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu, 21 Maret 2020.

Di sisi lain, bersama Kedutaan Besar Indonesia di Jepang, BUMN juga telah meminta produsen obat Avigan untuk menyediakan bagi Indonesia.

Sedangkan untuk kebutuhan komunikasi, Erick mengaku sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat COVID-19 tersebut dibagi menjadi tiga zona.

Zona hijau atau tower 1 khusus diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, zona kuning atau tower 3 diisi oleh dokter, perawat, dan petugas paramedis lainnya, sedangkan zona merah atau tower 6-7 diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan APD lengkap selain pasien.

Tags:
BUMNCovid-19Erick ThohirVirus CoronaWisma Atlet Kemayoran
%d blogger menyukai ini: