Rolls-Royce Buat Pesawat Listrik Berkecepatan Tinggi

24 November 2021 15:35 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Rolls-Royce Buat Pesawat Listrik Berkecepatan Tinggi (null)

JAKARTA- Perusahaan transportasi asal Inggris, Rolls-Royce berhasil membuat sebuah pesawat listrik berkecepatan tinggi.

Mengutip Engadget pada Rabu(24/11), pesawat listrik tersebut berhasil terbang dengan kecepatan 345,4 MPH dalam jarak 3 kilometer  dan waktu terendah hingga ketinggian 3.000 meter  dalam waktu 202 detik.

Angka ini mengalahkan rekor pesawat listrik Ekstra 33OLE buatan Siemens yang berhasil terbang dengan kecepatan 213 MPH. Ini juga menjadikan pesawat listrik milik Rolls-Royce sebagai pesawat listrik paling cepat di dunia untuk saat ini.

Pada awalnya, perusahaan yang terkenal dengan produksi mobil mewah nan modern ini pertama kali melakukan uji terbang untuk pesawat listriknya pada 16 November lalu.

Uji terbang ini dilakukan untuk mendapat izin sertifikasi terbang dari Badan Penerbangan Dunia (FAI).

Sebagai informasi, pesawat listrik dengan julukan The Spirit of Innovation ini merupakan jenis pesawat "penyikat ekor" jadul (kemudi di belakang) dengan kanopi didorong ke belakang, dan terlihat secepat mungkin.

Rolls-Royce mengatakan bahwa bakan bakar pesawat listrik ini menggunakan "paket baterai propulsi paling padat daya dengan menggunakan dengan 6.480 panel sel.

Untuk terbang, tenaga yang dibutuhkan adalah sekitar didukung oleh 400 kW dengan motor 750 volt.  

Namun meski terbang lebih cepat, pesawat terbang listrik besutan Rolls-Royce ini disebut kurang praktis. Pasalnya, baterai pesawat listrik memiliki  kepadatan energi 50 kali lebih sedikit daripada bahan bakar jet.
 

Berita Terkait