Roket Blue Origin Jeff Bezos Gagal Meluncur Setelah Semenit Lepas Landas

14 September 2022 09:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

blue origin (twittwer)

TEXAS - Peluncur roket luar angkasa nirawak milik miliarder Jeff Bezos, New Shepard dikabarkan gagal meluncur pada Senin, 12 September waktu setempat. Gagal meluncurnya roket milik Bezos terjadi semenit ketika peluncur lepas landas.

Mengutip Insider Rabu, 14 September 2022, Roket New Shepard yang lepas landas dari fasilitas Blue Origin di West Texas pada hari Senin membawa kargo untuk penelitian yang akan dikirim ke tepi luar angkasa.

Lewat sebuah siaran langsung, New Shepard yang baru meluncur kisaran semenit tampak terbakar sekitar 29.000 kaki di atas tanah. Kapsul di atas roket pendorong kemudian terlepas sebelum akhirnya terjembab kembali ke tanah.

Lewat akun twitternya, Blue Origin mengatakan adanya masalah gagal dorong atau booster failure pada penerbangan memicu sistem pemisahan (escape system). Alhasil pada akhirnya, kapsul nirawak berhasil dipisahkan dari roket peluncur.

Kapsul itu mendarat dengan selamat dan pendorongnya terkena dampak di dalam area bahaya yang ditentukan. Tidak ada cedera atau kerusakan properti publik yang dilaporkan," tulis Administrasi Penerbangan Federal (FAA) dalam sebuah pernyataan yang dikutip TrenAsia.com.

Saat ini, insiden gagal meluncur tengah diselidiki oleh FAA. Sementaran FAA menyebut insiden ini sebagai sebuah kecelakaan.

"Sebelum kendaraan New Shepard dapat kembali terbang, FAA akan menentukan apakah sistem, proses, atau prosedur yang terkait dengan kecelakaan tersebut memengaruhi keselamatan publik. Ini adalah praktik standar untuk semua investigasi kecelakaan," tambah FAA.

Insiden gagal meluncurnya roket New Shepard dari Blue Origin ini merupakan kali pertama yang dialami sang oemilik Amazon. Sebelumnya, Bezos diketahui telah membuka penerbangan luar angkasa komersial pada 2021 lalu. 
 

Berita Terkait