Rogoh Kocek Rp3,87 Triliun, Astra Akuisisi 49,56 Persen Saham Bank Jasa Jakarta Lewat Anak Usaha

04 Juli 2022 18:21 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Yosi Winosa

Ilustrasi PT Astra Internasional Tbk (astra.co.id)

JAKARTA - PT Astra Internasional Tbk (ASII) melalui unit usahanya, PT Sedaya Multi Investama (SMI), akan mengakuisisi 49,56% saham di PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) dengan nilai Rp3,87 triliun.

SMI, entitas usaha yang seluruh sahamnya dimiliki secara langsung dan tidak langsung oleh Astra, telah menandatangani Perjanjian Penyertaan Modal (Shares Subscription Agreement/SSA) dengan BJJ pada 1 Juli 2022.

Melalui perjanjian tersebut, disepakati bahwa SMI akan mengambil bagian atas 1.138.088 lembar saham yang mewakili 49,56% dari seluruh modal yang ditempatkan di PT Bank Jasa Jakarta.

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen Astra menyatakan penyelesaian rencana transaksi tersebut tunduk pada pemenuhan persyaratan pendahuluan dalam SSA, termasuk untuk persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan rencana transaksi.

Lebih lanjut, rencana transaksi tersebut bukan transaksi material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan OJK Nomor 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

Adapun tujuan dari rencana transaksi ini berkaitan dengan pengembangan usaha dan bentuk investasi dari SMI.

"Informasi atau fakta material yang diungkapkan tidak memiliki dampak material terhadap kelangsungan usaha Perseroan," kata Corporate Secretary Astra Gita Tiffani Boer, dikutip Senin, 4 Juli 2022.

Dalam keterangannya, Gita pun mengatakan bahwa salah satu pemegang saham BJJ, yakni Welab Sky Limited, akan meningkatkan kepemilikannya di bank yang merupakan anak usaha dari PT Widya Rahardja Dharma tersebut.

Setelah Rencana Transaksi diselesaikan, Welab Sky Limited juga akan memiliki 49,56% dari seluruh modal yang disetor di BJJ

Berita Terkait