Rogoh Kocek Rp3,5 Triliun, Sinar Mas Land Beli Gedung di Pusat Kota London

19 Mei 2022 13:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

gedung sinarmas (trenasia.com)

JAKARTA- Perusahaan properti milik keluarga konglomerat Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas Land dikabarkan membeli sebuah gedung di pusat kota London.

Lewat pengajuan yang dilayangkan ke Singapore Stock Exchange pada Kamis, 17 Mei 2022, Sinar mas bakal membeli gedung tersebut seharga 195 juta Poundsterling Inggris atau kisaran Rp3,5 triliun (asumsi kurs Rp18.200 per Poundsterling Inggris).

Pembelian gedung tersebut dilakukan melalui lini bisnisnya Sinar Mas Land Strand yang telah menandatangani oleh Land Securities Group seperti dikutip TrenAsia.com dari Forbes Kamis 19 Mei 2022.

Adapun properti yang akan dibeli Sinar Mas dikenal sebagai 32-50 Starnd, London yang merupakan gedung komersil di pusat Kota London.

Letaknya di sebelah stasiun Charing Cross dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Trafalgar Square. Gedung ini memiliki tinggi sekitar 42.300 meter dan terdiri dari delapan lantai.

"Akuisisi ini akan semakin memperkuat pendapatan berulang Grup dengan penambahan aset utama dengan arus kas yang kuat," kata Robin Ng Cheng Jiet, direktur Sinar Mas Land, dalam sebuah pernyataan pers.

Adapun pembiayaan untuk pembelian gedung tersebut rencananya bakal dilakukan dengan menggunakan kas internal dan pinjaman. Akuisisi gedung tersebut ditargetkan selesai pada akhir Juni.

Setelah poses akuisisi selesai, properti tersebut bakal dijadikan sebagai anak perusahaan grup Sinar Mas.

Tambahan informasi, Sinar Mas Land sempat menjual salah satu properti miliknya di London,  10 Great Pulteney Street pada retailer mode online Bohoo tahun lalu. Sinarmas Land melepas properti miliknya dengan harga US$99,3 juta atau kisaran Rp1,46 triliun (asumsi kurs Rp14.700 per dollar AS).

Selain itu, Sinar Mas Land juga menjual properti lainnya di London yakni Gedung Alphabeta dengan harga 280 Poundsterling Inggris atau kisaran Rp5 triliun.
 

Berita Terkait