Riset: Industri Jasa Keuangan Dominasi Lapangan Pekerjaan di Indonesia pada Kuartal III-2021

03 November 2021 13:02 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi kredit online atau pinjaman online (pinjol), peer to peer (P2P) lending resmi / OJK (OJK.go.id)

JAKARTA – Menurut data Michael Page Indonesia, jumlah lapangan kerja meningkat pada kuartal III-2021 jika dibandingkan dengan kuartal II-2021. Menariknya, jumlah lapangan pekerjaan didominasi dari bidang jasa keuangan (hingga 45%), digital (hingga 14%), dan teknologi (hingga 13%).

“Seiring dengan lonjakan digital yang terus berlangsung di Indonesia, para pelaku usaha di bidang jasa keuangan multinasional dan domestik melakukan investasi besar-besaran ke dalam fintech,” kata Olly Riches, Presiden Direktur Michael Page Indonesia & Filipina dilansir dari keterangan resmi, Rabu 3 November 2021.

Menurutnya, terdapat persaingan tajam antara perusahaan jasa keuangan tradisional dan perusahaan rintisan fintech baru untuk mendapatkan karyawan bertalenta.

Demikian juga, kenaikan peluang kerja digital (hingga 14%) sekali lagi didominasi oleh unicorn teknologi yang memprakarsai pertumbuhan di Indonesia, dan dipicu oleh perubahan gaya hidup saat ini karena pandemi. 

“Kami telah menyaksikan peningkatan yang cukup besar dalam lapangan pekerjaan serta dalam perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura untuk bisnis portofolio mereka, yang sering kali di bidang digital dan teknologi,” lanjut Olly Riches.

Seiring dengan makin mudahnya konektivitas, kini, penduduk Indonesia yang tinggal di lokasi yang lebih jauh juga memiliki akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi. Agar dapat menyediakan berbagai layanan penting ini terhadap populasi yang lebih besar, Medtech dan Edtech juga muncul sebagai salah satu area pertumbuhan utama untuk menjangkau warga yang tinggal di luar kota-kota besar.

Teknologi yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada berbagai platform tersebut juga telah menciptakan kenaikan sebesar 13% dalam peluang kerja. 

Berita Terkait