Multipolar Gandeng Helios Rilis Aplikasi Persuratan MailApp

26 Juli 2021 21:33 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

JAKARTA – PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) menggandeng PT Helios Informatika Nusantara dalam peluncuran aplikasi persuratan MailApp berbasis web dan mobile.

Kolaborasi tersebut dilakukan setelah meninjau proses administrasi persuratan sudah selayaknya dikelola secara modern dan paperless yang dapat diakses kapan dan dari mana pun, terutama di era digital seperti sekarang.

Dengan kondisi pandemi saat ini, pekerjaan atau kolaborasi harus dapat dilakukan dari mana saja dengan meminimalkan pengiriman, sirkulasi, serta tanda tangan berkas atau dokumen secara fisik.

Division Head Project Management Office Multipolar Technology Erlina mengatakan  pertumbuhan dan sirkulasi dokumen dalam jumlah besar menjadi tantangan tanpa akhirjika tidak didukung oleh tata kelola berbasis teknologi. 

Menurutnya, masih banyak institusi yang harus mengelola sekaligus mendata surat atau dokumen seperti surat masuk dan keluar, peninjauan konsep surat, serta disposisi surat secara manual atau belum terintegrasi. Hal ini pun menjadi sulit ketika penyuratan yang yang dikelola sudah mencapai ribuan.

“Kami menghadirkan aplikasi MailApp siap pakai yang mudah digunakan, aman, serta dapat diintegrasikan dengan aplikasi kolaborasi yang umum dipakai sehari-hari seperti email dan Office 365,” ujarnya melalui keterangan pers, dikutip Senin, 26 Juli 2021.

Ia menjelaskan MailApp sendiri memiliki fitur lengkap yang memudahkan pembuatan berbagai jenis surat berdasarkan format standar, pengarsipan terpusat, pelacakan surat, dan kemampuan menangani dokumen dalam jumlah hingga ribuan setiap bulannya.

Aplikasi persuratan ini juga dikembangkan sendiri oleh perseroan dengan menawarkan berbagai fitur, seperti kemampuan merekam dan melacak histori persetujuan dokumen, sistem editor yang user friendly, dan juga memiliki fitur digital signature serta QR Code. 

Selain itu, lanjut Erlina, pencarian surat atau berkas dapat dilakukan secara cepat dengan fitur pencarian melalui beberapa parameter, dan penelusuran pemrosesan surat bisa diketahui setiap saat melalui log surat dan dapat diakses dari mana pun dan kapan pun secara mudah dan cepat.

Tak sampai di situ, MailApp juga dapat dioperasikan dengan mudah. Pasalnya, aplikasi ini terintegrasi dengan Microsoft Word dan Microsoft Exchange atau Outlook, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan kesenjangan teknologi. 

Aplikasi MailApp yang beroperasi melalui platform Wintel seperti HPE ini memungkinkan administrasi persuratan dilakukan dengan mudah berkat dukungan fitur-fitur teknologi terkini. Administrasi persuratan bisa dilakukan dengan cepat.

Berita Terkait