Restrukturisasi Bisnis, Temas (TMAS) Alihkan 8 Unit Kapal Senilai Rp686,4 Miliar ke Entitas Anak

16 November 2021 13:00 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Vega Aulia

(Kiri-kanan) Direktur Utama PT Temas Tbk, Faty Khusumo, Komisaris Independen PT Temas Tbk, Theo Lekatompessy, Direktur PT Temas Tbk, Ganny Zheng, dan Direktur PT Temas Tbk, Inge Supatra usai menggelar RUPST Tahun Buku 2020, Jakarta, 11 Juni 2021

JAKARTA – Emiten jasa pengangkutan peti kemas, PT Temas Tbk (TMAS) melakukan pengalihan 8 unit kapal laut dengan total nilai Rp686,4 miliar kepada entitas anak, PT Temas Shipping pada 12 November 2021.

Sekretaris Perusahaan Temas, Marthalia Vigita mengungkapkan bahwa latar belakang dari transaksi tersebut yakni dalam rangka restrukturisasi bisnis perseroan dalam bidang pelayaran, dengan segmentasi volume atau muatan dan wilayah jasa operasional pelayaran.

Menurutnya, Temas Shipping juga memerlukan tambahan armada untuk mencukupi kebutuhan operasionalnya. Khususnya, pada rute-rute dan pelabuhan kecil dan menengah.

“Oleh karena itu perseroan menjual kapalnya yang sesuai dengan kebutuhan operasional anak usaha dalam melayani pelabuhan kecil dan menengah di wilayah Indonesia,” ujarnya melalui keterangan pers, Selasa, 16 November 2021.

Adapun 8 unit kapal yang dialihkan antara lain KM Ayer Mas, KM Kawa Mas, KM Kedung Mas, KM Muara Mas, KM Curug Mas, KM Kisik Mas, KM Palung Mas dan KM Teluk Mas. Masing-masing unit kapal, nilainya ditaksir mencapai Rp85,8 miliar.

Temas Shipping adalah anak usaha perseroan dengan kepemilikan saham sebanyak 99.85%. Transaksi ini juga dinilai tidak memberikan dampak serta tidak mengganggu kegiatan operasional perseroan.

“Transaksi ini juga tidak berdampak pada laporan keuangan atau secara hukum kepada perseroan,” tambahnya lagi. 

Berita Terkait