Resmi! Vodafone Gandeng Samsung Jadi Pemasok Jaringan 5G di Inggris

15 Juni 2021 10:30 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Sumber: Reuters.

JAKARTA – Perusahaan telekomunikasi Eropa, Vodafone resmi menunjuk Samsung sebagai pemasok jaringan 5G di Inggris.

Dipilihnya Samsung menjadi penyedia jaringan 5G di Inggris tentu saja merupakan terobosan bagi perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari salah satu eksekutif, Samsung berupaya mempertahankan pertumbuhan bisnis peralatan jaringannya dengan berada di pasar Eropa.

Tidak disebutkan berapa nilai kerjasama antara dua perusahaan komunikasi dan teknologi berbeda negara tersebut. Namun yang pasti, dipilihnya Samsung sebagai pemasok jaringan baru tentu saja akan sejumlah vendor lain seperti Ericsson, Nokia, dan Huawei.

Dipilihnya Samsung sebagai pemasok jaringan 5G di Inggris merupakan buntut dari pertimbangan sejumlah operator Eropa untuk mendepak perusahaan asal Cina Huawei sebagai pemasok jaringan sebelumnya.

Mengutip keterangan Reuters pada Selasa, 15 Juni 2021, Inggris telah memerintahkan seluruh peralatan Huawei untuk tak lagi digunakan untuk jaringan 5G di Inggris pada 2027 mendatang.

Keputusan ini merupakan dukungan dari kampanye Amerika Serikat untuk melawan Huawei dengan dalih adanya kemungkinan mengganggu keamanan nasional.

Selain Inggris, dua perusahaan lain seperti Telefonica dari Spanyol dan Orange dari Prancis juga ikut mempertimbangkan kembali untuk menggunakan Huawei sebagai dukungan untuk kampanye Amerika Serikat. (RCS)

Berita Terkait