Rekomendasi Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Dapur Anda

12 Juni 2021 21:01 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Rekomendasi tanaman hias yang bisa tumbuh di dapur Anda/pixabay.com

JAKARTA – Menambahkan tanaman hias ke dalam ruangan adalah cara yang cepat dan mudah untuk merapikan dan mempercantik dekorasi Anda. Tanaman hias yang diletakkan di dapur juga dapat membantu menjernihkan udara, menambahkan warna yang menyejukkan, bahkan bisa menyediakan produk segar sepanjang tahun.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada satu tanaman yang akan tumbuh subur di dapur, karena setiap ruangan memiliki kondisi cahaya, kelembapan, dan suhu yang berbeda-beda.

Berikut rekomendasi tanaman hias yang bisa tumbuh di dapur, seperti yang telah dikutip dari The Spruce.

1. Pothos

Pothos mudah dirawat dan mampu beradaptasi dengan baik dalam berbagai kondisi cahaya yang berbeda. Tak hanya itu, Pothos juga dianggap relatif lebih toleran terhadap kondisi kekeringan. Selain itu, Pothos juga bisa diletakkan dalam pot gantung, sehingga tidak menghabiskan ruangan di dapur.

2. Philodendron

Philodendron adalah genus lain dari tanaman hias yang membutuhkan tingkat perawatan yang rendah. Tanaman hias ini akan terlihat cantik jika dipajang di pot gantung. Mirip seperti Pothos, tanaman ini relatif toleran terhadap kekeringan dan dapat tumbuh di dalam ruangan yang mendapat cahaya tidak langsung.

3. Sukulen

Jika Anda memiliki ambang jendela yang cerah di dapur, sukulen adalah pilihan yang bagus. Istilah ‘sukulen’ digunakan untuk menggambarkan tanaman yang menyimpan air dalam berbagai struktur tubuhnya seperti daun dan/atau batangnya, yang membuatnya tahan kekeringan dan umumnya rendah perawatannya. Ada ratusan jenis sukulen yang berbeda yang datang dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menakjubkan. Spesies sukulen yang populer termasuk echeveria, haworthia, aloe vera, crassula, kalanchoe, sedum, dan banyak lagi.

4. Tumbuhan Laba-laba (Chlorophytum)

Tumbuhan Laba-laba (Chlorophytum)adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat. Tanaman ini juga dapat diletakkan pada pot gantung. Namun, tanaman laba-laba tidak dapat diletakkan pada ruangan yang mendapat cahaya matahari secara langsung karena akan menyebabkan daunya menjadi terbakar.

5. Tanaman Ular (Sansevieria)

Tanaman ular (Sansevieria), juga dikenal sebagai “lidah ibu mertua”, adalah salah satu tanaman hias yang paling populer. Tanaman ini datang dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda dan umumnya tingkat perawatannya rendah.

Berita Terkait