Rekomendasi Taman Asyik di Jakarta, Yuk Kunjungi Mumpung Transportasi Lagi Gratis!

22 Juni 2022 12:20 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Keliling Jakarta Mumpung Transportasi Gratis, Ini Destinasi Taman Asyik yang Bisa Dikunjungi (null)

JAKARTA - Hiruk pikuk kota Jakarta biasanya berkaitan dengan macet, pusat perbelanjaan, serta gedung pencakar langit. 

Namun kota terbesar di Indonesia ini memiliki sisi lain yang tak banyak diperhatikan orang. Yakni keberadaan taman.

Sama halnya dengan pusat perbelanjaan, Jakarta memiliki berbagai taman yang tersebar di seluruh penjuru wilayah. Tak hanya sebagai penghias kota, taman di Jakarta bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti nongkrong, berkumpul dengan kolega, hingga wisata keluarga.

Pada HUT ke-495 Jakarta, sejumlah moda transportasi Jakarta menggratiskan tiketnya. Anda dapat memanfaatkan ini untuk berkeliling dan menikmati keindahan taman di tengah hiruk pikuk Ibukota Jakarta.

1. Taman Suropati

Taman suropati jadi salah satu pilihan taman yang bisa dikunjungi di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Selain Asri, Taman Suropati juga punya pemandangan yang Instagramable.

Selain itu, sejumlah aktivitas bisa Anda lakukan di taman ini. Mulai dari acara komunitas, acara musik jalanan, hingga bersepeda.

2. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki biasanya dikenal sebagai terpat nongkrong para seniman. Beragam atraksi seni tradisional maupun modern diselenggarakan di tempat ini setiap hari sehingga membuat TIM tak pernah membosankan untuk dikunjungi.

3. Taman Ayodya

Tak seperti taman lainnya yang hanya punya pemandangan bunga, Taman Ayodya yang dikenal dengan nama Taman Barito ini punya nilai lebih dengan menyajikan pemandangan danau nan teduh.

Tak hanya itu, Taman Ayodya punya fasilitas internet gratis sehingga tak perlu khawatir kuota habis jika tengah mengunjungi tempat ini.

Selain itu, banyak kuliner enak tersedia di taman ini. Hati hati untuk tak kalap jajan jika tengah berkunjung.

4. Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk merupakan taman dengan wisata alam yang masih asri di hiruk pikuk Kota Jakarta. Letaknya ada di sekitar wilayah jakarta utara.

Untuk Anda yang suka suasana natural, Anda bisa mampir ke taman ini. Jangan lupa bawa kamera dan outfit yang necis untuk jika ingin menjadikan jalan jalan kali ini menghiasi feeds Instagram Anda.

5. Taman Menteng

Taman Menteng bisa disebut sebagai taman seribu fungsi. Taman ini adalah tempat yang tepat menikmati wahana permainan.

Anda juga bisa seru-seruan bersama sahabat di tempat ini seperti main basket, berjalan berkeliling menghirup udara segar hingga futsal. Sebab, fasilitas tersebut memang tersedia di Taman Menteng.

Untuk Anda yang hanya ingin hangout dan mengisi feeds instagram, tempat ini juga bisa jadi pilihat. Sebab beberapa spot di Taman ini bisa digunakan untuk bergaya.

6. Taman Lapangan Banteng

Taman yang terletak di Sawah besar ini letaknya tak jauh dari Mesjid Istiqlal dan Katedral. Sama seperti taman lainnya, Taman lapangan banteng merupakan taman modern yang menyediakan beragam fasilitas olahraga serta wisata bagi pengunjungnya.

Taman ini dilengkapi dengan jalur lari dan taman bermain. Tak hanya itu, sebagai ciri khas  taman lapangan banteng dilengkapoi dengan air mancur yang dipadupadankan dengan pertunjukan lampu di malam hari.

7. Taman Prasasti

Bagi Anda yang menginginkan suasana Taman yang berbeda, Taman Prasasti ini cocok dijadikan tujuan. Tak seperti taman lain yang dipenuhi bung atau danau, taman prasasti merupakan pemakaman orang-orang Eropa yang dulu tinggal di Jakarta pada masa kolonialisasi.

Di taman ini, Anda dapat melihat aneka ragam batu nisan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Biasanya taman ini cocok untuk Anda yang hobi fotografi atau videografi.

8. Taman Cattleya

Taman Cattleya adalah salah satu taman kota terbesar di Jakarta dengan luas sekitar 3 hektare. Sesuai namanya yang cantik, Taman Cattleya ini diisi oleh aneka ragam tanaman hias dan pepohonan yang rindang.

Taman kota di Jakarta ini tertata rapi dengan jogging track, taman bermain anak, jalan setapak, kursi, dan danau buatan membuat suasana akhir pekat di taman ini terasa semakin menyegarkan.

9. Taman Situlembang

Taman Situlembang berlokasi dekat dengan Taman Suropati atau tepatnya di Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini juga sering digunakan sebagai tempat shooting grup lawak Warkop DKI di masa jayanya dulu.

Salah satu hal yang membuat Taman Situlembang ini begitu menarik karena adanya kolam air mancur yang cukup luas sehingga membuat taman kota di Jakarta ini terasa seperti oase yang menyegarkan di tengah-tengah-tengah kota.

10. Taman Kalijodo

Pernah dikenal sebagai salahsatu kawasan prostitusi ibukita, Kalijodo kini disulap jadi taman. Keberasaan kalijodo bisa dibilang sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperbanyak ruang terbuka hijau. 
Taman kota di Jakarta ini terbilang cukup besar dengan luas hingga 1,4 hektare. Di dalamnya terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk ragam kegiatan positif. Salah satunya adalah fasilitas skatepark dan BMX park yang digemari oleh anak-anak muda.
 

Berita Terkait