Rampingkan Biaya Operasional, Shopee Pastikan Tak Picu PHK Massal di Indonesia

16 Juni 2022 06:02 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Fakhri Rezy

Dukung UMKM Lokal, Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung Kini Dibuka (Foto: Shopee)

JAKARTA - PT Shopee Indonesia memastikan perampingan biaya operasional yang diinisiasi oleh Sea Group tidak akan memicu pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di dalam negeri.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Shopee akan melakukan PHK massal di sejumlah negara sehubungan dengan upaya perusahaan untuk menekan pengeluaran. PHK itu akan diterapkan kepada sejumlah karyawan di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Thailand dan Vietnam.

Informasi terbaru pun disampaikan oleh Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja yang menegaskan bahwa langkah penyesuaian perusahaan terkait biaya operasional tidak akan berpengaruh di Indonesia.

"Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu dipastikan tidak akan melibatkan Shopee Indonesia," tutur Handhika melalui keterangan tertulis yang diterima TrenAsia, Rabu, 15 Juni 2022.

Handhika pun mengatakan, Shopee Indonesia masih aktif merekrut talenta-talenta digital melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2022 lalu.

Melalui program tersebut, Shopee akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia, khususnya untuk posisi engineer dan product manager.

"Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood, dan lebih dari 50% bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19. Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami," kata Handhika.

Kemudian, Handhika pun memastikan Shopee Indonesia masih terus menunjukkan performa yang baik dan akan terus mengembangkan bisnis demi membantu lebih banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pengguna platform e-commerce di Indonesia.

Dalam enam bulan terakhir, Shopee juga tengah menghadirkan berbagai program untuk memajukan UMKM di Indonesia, di antaranya Kampus UMKM Shopee di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Berita Terkait