Ramalkan Kehancuran Pasar, Robert Kiyosaki: Saatnya Beralih ke Kripto

14 September 2022 09:31 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

WASHINGTON- Penulis buku keuangan legendaris Poor Dad Rich Dad, Robert Kiyosaki meramalkan bahwa  saat ini investor sedang menuju kehancuran pasar yang dahsyat. Pernyataan tersebut disiarkan melalui sebuah milis "Rich Dad Community" yang saat ini diasuhnya.

"Saya memperkirakan kehancuran terbesar dalam sejarah dunia akan datang," ujar ekonom yang dijuluki guru keuangan pribadi itu.

Lantaran hancurnya pasar, Kiyosaki menyarankan para investor untuk membeli mata uang kripto sebelum mereka merebut dolar AS dan mengubah seluruh sistem keuangan.

“Tidak cukup hanya ingin masuk ke crypto. Sekaranglah saatnya Anda perlu masuk ke crypto, sebelum kehancuran ekonomi terbesar dalam sejarah, " tulis Robert.

Kiyosaki memperkirakan akan ada penurunan yang panjang di pasar saham. Meski begitu, ia tetap menegaskan kembali pandangannya bahwa pasar yang sesang bearish merupakan waktu terbaik bagi investor untuk mendapatkan saham murah dan mencetak cuan di masa depan.

Tak hanya itu,  Kiyosaki juga menegaskan dolar AS akan menghancurkan sistem ekonomi yang ada, yang mengarah pada penerimaan arus utama kripto lantaran tidak dikendalikan oleh pemerintah.

Meski menyarankan untuk membeli krioto, Kiyosaki pernah mengatakan bahwa kurs digital paling populer, bitcoin tak berharga.

"Saya memperdagangkan bitcoin. Tapi menurut saya itu tidak ada nilainya. Saya hanya bermain game," ujar Kiyosaki dalam siaran radionya Mei lalu.

Sebagaimana diketahui, sejumlah mata uang kripto seperti bitcoin telah jatuh bersama saham dan aset berisiko lainnya tahun ini. Ini menunjukkan banyak penggemar kripto tidak sepenuhnya yakin bahwa mereka akan merevolusi keuangan global.

Tak hanya itu, sebelumnya Kiyosaki telah berulang kali mengingatkan atas adanya bubbling  yang meluas dalam harga aset dan berpotensi berakhir dengan ledakan yang menyakitkan. 

Pada 30 Agustus  lalu, ia menambahkan bahwa kecelakaan itu sedang berlangsung, menunjuk ke penurunan harga saham, bitcoin, emas, perak, dan real estate.

Ia juga diketahui mengeluarkan beberapa saran  pada bulan Juni untuk investor yang ingin mengalahkan inflasi. 

Kala it, Kiyosaki merekomendasikan investor untuk menimbun barang-barang kalengan seperti tuna dan kacang panggang, bersama dengan barang-barang rumah tangga termasuk kantong sampah dan kertas toilet, untuk mengantisipasi kenaikan harga.

 

Berita Terkait