Ramadan Kali Ini, Dompet Digital Ungguli Perbankan

27 April 2021 14:11 WIB

Penulis: Reky Arfal

Ilustrasi/kreditpedia.net

JAKARTA – Riset yang dilakukan ShopeePay dan Jakpat Mobile Survey terhadap fintech, menunjukkan ketika Ramadan, dompet digital (e-wallet) lebih banyak digunakan oleh masyarakat.

Head of Research Jakpat Aska Primardi mengatakan, 80% dari 1.214 responden yang disurvei pada April, memilih dompet digital saat Ramadan dan Lebaran. Sementara itu, metode pembayaran lainnya seperti uang tunai (56%), kartu debit (26%), dan kartu kredit (5%).

“Itu menunjukkan bahwa konsumen banyak menghabiskan waktu di rumah saja selama Ramadan. Mereka memilih melakukan pembayaran untuk belanja dengan uang digital,” kata Aska saat konferensi pers virtual, Senin 26 April 2021.

Responden yang memilih dompet digital (87%) disinyalir karena banyaknya promosi yang hadir dalam rangka Ramadan. Bahkan, menurut survey, ada 67% responden di antaranya mengharapkan cashback.

Di Indonesia, ada beberapa financial technology (fintech) pembayaran yang menyediakan dompet digital seperti ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja.

Untuk kategori produk yang dibeli selama ramadan dan lebaran, 94% merupakan makanan dan minuman. Kemudian, kebutuhan masak dan rumah tangga sebesar 78%, produk kesehatan sebesar 58%, pakaian sebesar 45%, perawatan kecantikan sebesar 31%, dan lainnya.

Masyarakat juga kerap memilih berdonasi dengan layanan digital selama Ramadan dan Lebaran. Sebanyak 60% lebih responden memilih bersedekah online. Kemudian 94% responden tertarik menggunakan uang digital untuk menyalurkan donasi atau sedekah.

Lebih lanjut, layanan pembayaran digital diprediksi akan banyak digunakan untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR). Riset mengungkapkan bahwa 80% responden memilih uang digital sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara.

Gencar Promo

Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan ShopeePay akan gencar menggelar promo selama Ramadan untuk menjaring banyak pengguna.

“Kami bekerja sama dengan para mitra (merchant) memberikan promo dan penawaran menarik,” katanya.

ShopeePay pun meluncurkan program ShopeePay Big Ramadan Deals, di antaranya promo tersebut, yaitu ShopeePay Deals Rp 1, Alfamart Murmer diskon hingga 70%, dan kirim THR gratis ribuan emas.

Tidak hanya ShopeePay, dalam rangka Ramadan, GoPay juga memberikan cashback hingga 90%. Sedangkan OVO menyediakan tabungan reksa dana Rp100.000 dan cashback Rp50.000 berupa OVO Points selama 25 April – 8 Mei.

LinkAja memberikan promosi selama Ramadan, salah satunya hemat jajan makanan dan minuman hingga Rp180.000. Sedangkan DANA menyiapkan hadiah Rp150 juta dalam rangka meramaikan ragam promo dan menjaring pengguna baru saat Ramadan kali ini.

Berita Terkait