Raih Pinjaman Jumbo Buat Akuisisi, Medco Energi (MEDC) Terbitkan Jaminan Senilai Rp939,66 Miliar

29 Desember 2021 18:45 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Rizky C. Septania

Perusahaan minyak dan gas (migas) milik konglomerat Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) / Facebook @medcoenergi

JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menerbitkan suatu jaminan perusahaan bagi anak usahanya, Medco Energi Global Pte Ltd (MEG) yang telah mendapatkan fasilitas perbankan dari ING Bank NVCabang Singapura sehubungan dengan rencana MEG untuk mengakuisisi.

Direktur Medco Energi Internasional, Anthony R. Mathias mengungkapkan bahwa nilai jaminan tersebut mencapai US$65,50 juta atau setara Rp939,66 miliar (asumsi kurs Rp14.346 per dolar Amerika Serikat).

“Ini mulai berlaku sejak 27 Desember 2021 hingga tanggal ditutupnya transaksi akuisisi oleh MEG,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 29 Desember 2021.

Sebelumnya, MEG telah meraih pinjaman dengan nilai total mencapai US$450 juta atau sekitar Rp6,46 triliun dari sejumlah perbankan. Rencananya dana tersebut akan digunakan untuk keperluan membiayai akuisisi.

Pinjaman itu diperoleh dari Australia and New Zealand Banking Group Limited, Cabang Singapura, DBS Bank Ltd, ING Bank N.V. Cabang Singapura, Morgan Stanley Senior Funding Inc., MUFG Bank Ltd., Standard Chartered Bank (Singapore) Limited, yang bertindak sebagai pemberi pinjaman awal.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip Selasa, 14 Desember 2021, perjanjian fasilitas pinjaman (facility agreement) telah ditandatangani pada 11 Desember 2021, dan akan jatuh tempo pada 19 Desember 2023.

Perseroan bertanggung jawab sebagai penjamin awal (original guarantor) atas pinjaman yang diterima oleh Medco Energi Global Pte Ltd (MEG). Jaminan yang diberikan perseroan bertujuan untuk memastikan MEG akan memenuhi kewajiban pembayaran berdasarkan perjanjian.

Adapun dampak dari eksekusi jaminan perusahaan tersebut terhadap Perseroan akan bergantung terhadap besarnya kewajiban yang tidak dapat dipenuhi oleh MEG kepada pemberi pinjaman awal.

Sehingga, selanjutnya akan dipenuhi oleh perseroan sebagai penjamin awal, dengan nilai penanggungan sebesar-besarnya senilai dengan jumlah pokok pinjaman yaitu US$450 juta.

Berita Terkait