Raih Pendanaan Rp801 Miliar, Ruangguru Ekspansi ke Vietnam dan Thailand

April 19, 2021, 07:30 PM UTC

Penulis: Mochammad Ade Pamungkas

Brain Academy Ruangguru/ brainacademy.id

JAKARTA – Perusahaan rintisan sektor teknologi edukasi PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) telah memperoleh pendanaan US$55 juta atau setara Rp801 miliar (asumsi kurs Rp14.565 per dolar Amerika Serikat) dari Tiger Global Management pada Senin 19 April 2021.

Pendanaan tersebut nantinya akan digunakan untuk mempercepat ekspansi bisnisnya di Indonesia, Vietnam, dan Thailand melalui produk edukasi untuk pelajar sekolah maupun kursus dari Skill Academy.

Mengutip Tech in Asia, sebelumnya Ruangguru telah memperoleh pendanaan seri C sekitar US$150 juta dari General Atlantic dan GGV Capital pada 2019.

“Ruangguru sekarang memiliki investor yang kuat dengan keahlian di  industri pendidikan. Kami berencana memanfaatkan keahlian dan jaringan mereka untuk meningkatkan produk dan tim kami,” ujar Co-Founder Iman Usman.

Melansir dari Kr-Asia, Innovation Factory and Ravenry melaporkan pertumbuhan industri platform edukasi di Indonesia mencapai sekitar 25% per tahun.

Industri platform pendidikan di Indonesia telah mengalami percepatan pertumbuhan selama pandemi COVID-19, termasuk Zenius Education, Pahamify, dan HarukaEdu.

Selain itu, Ruangguru juga telah meluncurkan beberapa program selama pandemi, termasuk sekolah daring gratis yang telah diakses oleh lebih dari 10 juta pelajar.

Saat ini Ruangguru telah melayani lebih dari 22 juta pelajar dan bekerja sama dengan lebih dari 300.000 guru. (LRD)