Rahasia Mengelola Uang bagi Segala Usia

26 September 2020 07:01 WIB

Penulis: Gloria Natalia Dolorosa

Ilustrasi laporan keuangan / Sumber: id.pinterest.com

JAKARTA – Pengelolaan uang yang tepat sangat penting untuk memiliki masa depan yang nyaman dan aman secara finansial.

Para ahli mengatakan bahwa kunci sukses pengelolaan uang dimulai sejak dini.

Sejumlah kecil yang diinvestasikan pada jangka waktu tertentu dan secara terus-menerus dapat memberi kamu keuntungan besar di masa depan. Meski demikian, para ahli mengatakan, terlepas dari berapapun usianya, prinsip inti dalam mengelola keuangan adalah sama.

Nityanand Sharma, Co-Founder, dan CEO, Simpl, mengatakan manajemen uang adalah keahlian yang sangat diperlukan.

“Bertentangan dengan kepercayaan populer, pengelolaan uang tidak hanya tentang membuat keputusan pembelian dan investasi yang besar, tetapi dalam hal kecil,” katanya dikutip Financial Express.

Salah satu aspek penting untuk mengefisienkan uang adalah melacak pengeluaran. Melacak atau memantau uang memungkinkan kamu untuk terus memeriksa keuangan dan juga mengidentifikasi pola yang merugikan kemajuanmu.

“Sesuatu yang sederhana seperti mencatat pengeluaran bulanan akan memungkinkan kamu untuk membuat dan berpegang pada anggaran logis yang pada gilirannya membangun kedisiplinan,” ujar Sharma.

Kamu dapat mulai dengan membuat daftar pendapatan dan pengeluaran setiap bulan, kemudian merencanakan anggaran.

Sebelum mengelola utang dan tabungan, pertama-tama sisihkan uang untuk membayar tagihan utilitas. Dengan perencanaan yang tepat, kamu dapat melacak pengeluaran bulananmu.

Elemen penting lain dalam mengelola uang adalah memahami dan mengadopsi sistem pembayaran terbaik di antara berbagai teknik pembayaran yang tersedia. Dari sekian banyak pilihan pembayaran yang tersedia, pilih salah satu yang paling sesuai dengan kamu.

Memilih mode pembayaran yang tepat akan memastikan kamu tetap berada di jalur keuangan yang benar.

Selain itu, perhatikan bahwa meskipun tidak buruk untuk memilih pinjaman atau mengambil kredit, kamu juga harus menyingkirkan semua utangmu dalam waktu yang dijadwalkan.

“Meski langkah-langkah ini mungkin tampak mendasar, ketiadaan langkah-langkah ini dapat menyebabkan krisis keuangan dan bahkan bencana,” kata Sharma.

Berita Terkait