PUPR Bangun Irigasi Desa di 10.000 Lokasi Rp10,2 Triliun

April 24, 2020, 10:05 PM UTC

Penulis: wahyudatun nisa

Ilustrasi program P3TGAI. / Dok. Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepanjang 2020 akan melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di 10.000 lokasi yang tersebar pada 33 provinsi seluruh Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sebelumnya target dari program ini hanya 6.000 lokasi. Kemudian jumlahnya bertambah setelah adanya Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 tahun 2020 tentang refocusing kegiatan terkait mitigasi dampak COVID-19.

“Program ini ditujukan dapat mengurangi angka pengangguran serta menjaga daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi akibat merebaknya virus tersebut,” kata Basuki dilansir dari laman Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat, 24 April 2020.

Program P3TGAI yang merupakan salah satu bagian dari program Padat Karya Tunai (PKT) ini, dilaksanakan oleh Balai-balai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) bersama masyarakat dan menelan anggaran sebesar Rp10,2 triliun.

Selain itu, Basuki menyebutkan program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur irigasi di kawasan perdesaan.

“Kehilangan air di dalam saluran bisa dikurangi dengan lining saluran yang baik. Sehingga produktifitas hasil pertanian dapat terjaga karena suplai air yang lebih memadai,” jelasnya.

Secara rinci, program P3TGAI merupakan pekerjaan peningkatan saluran irigasi tersier dari saluran alam atau tanah menjadi saluran dengan pasangan batu/lining.

Pekerjaannya melibatkan para petani atau penduduk setempat. Mereka diberikan upah secara harian atau mingguan. Sehingga dapat menambah penghasilannya terutama di antara musim tanam dan panen.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 458 lokasi di 11 provinsi sudah memulai pekerjaan fisiknya, antara lain Jambi, Sumatra Barat, Kepulaan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan di 1.800 lokasi lainnya baru mencapai tahap sosialisasi. (SKO)